Sukses

Drama 5 Gol, Southampton Bungkam Arsenal

Liputan6.com, Southampton - Setelah saling berbalas gol, Southampton akhirnya memenangkan laga kontra Arsenal pada pekan ke-17 Liga Inggris 2018/19. Southampton menang 3-2 di St. Mary's Stadium, Minggu (16/12/2018) malam WIB.

Hasil ini membuat Arsenal tertahan di peringkat lima klasemen dengan 34 poin. Sedangkan Southampton naik ke peringkat 17 dengan 12 poin.

Bermain di depan publik sendiri, Southampton langsung memberi tekanan ke jantung pertahanan Arsenal. Namun, peluang pertama justru didapat Arsenal di menit ke-6.

Lolos dari jebakan offside, Pierre-Emerick Aubameyang menerima umpan terobosan Mateo Guendouzi. Tetapi, tendangan voli Aubameyang masih bisa diantisipasi kiper Alex McCarthy.

Secara perlahan Arsenal mulai mendominasi permainan. Namun, Southamton terus berupaya memberi tekanan. Hasilnya, di menit ke-20 tandukan Daniel Ings memanfaatkan umpan silang Matt Targett mengoyak gawang Arsenal.

Tersentak, Arsenal menggempur pertahanan Southampton. Delapan menit kemudian, umpan silang Nacho Monreal ditanduk Henrikh Mkhitaryan dan meluncur masuk ke gawang Southampton.

Skor 1-1 membuat laga semakin seru, Arsenal dan Southampton saling balas menyerang. Semenit jelang turun minum, tuan rumah kembali menambah memimpin.

Lagi-lagi tandukan Ings tak bisa diantisipasi kiper Arsenal Bernd Leno. Kali ini, Ings memanfaatkan umpan Nathan Redmond. Skor 2-1 menutup babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Manajer Arsenal Unai Emery memasukkan Alexandre Lacazette dengan menarik keluar Bellerin. Tim tamu nyaris mencetak gol penyeimbang di menit ke-46 ketika Aubameyang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper McCarthy. Tapi, bola yang sudah mengarah ke gawang bisa disapu Vestergaad.

Tujuh menit berselang, Arsenal mencetak gol balasan. Berawal dari kesalahan Romeu, bola direbut Lacazette dan disodorkan kepada Mkhirtaryan. Tendangan keras Mkhitaryan yang membentur kaki bek Southampton membuat kiper McCarthy salah mengantisipai arah bola. Skor 2-2.

Untuk menambah daya serang, Emery kemudian memainkan Mesut Ozil di menit ke-70 dan menari keluar Alex Iwobi. Tetapi, lima menit kemudian gawang Arsenal kebobolan. Namun, gol itu dianulir wasit karena Shane Long sudah dalam posisi offside dalam situasi kemelut sepak pojok.

Terus nenyerang, Arsenal kecolongan di menit ke-85. Lewat serangan balik, Long melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Kiper Leno berusaha memotong umpan tersebut, tapi upaya gagal. Bola akhirnya dengan mulus disundul Chalie Austin. Gol. Skor pun berubah 3-2 untuk Southampton.

Disisa waktu, Arsenal mencoba untuk kembali mencetak gol penyeimbang. Tapi hingga laga usai, upaya itu tidak berhasil.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Southampton: McCarthy, Bendarek, Yoshida, Vestergaard, Valery, Hojbjerg (C), Romeu, Targett, Armstrong, Redmond, Ings

Cadangan: Gunn, Hoedt, S. Davis, Ward-Prowse, Long, T. Johnson, Austin

Arsenal: Leno, Lichtsteiner, Koscielny (C), Xhaka, Bellerin, Monreal, Torreira, Guendouzi, Mkhitaryan, Iwobi, Aubameyang

Cadangan: Ozil, Elneny, Ramsey, Maitland-Niles, Lacazette, Nketiah

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.