Sukses

Tak Gentar, Jepang Justru Nantikan Tekanan Suporter Timnas Indonesia U-19

Jepang akan mendapat tantangan dari Timnas Indonesia U-19 pada babak 8 besar Piala AFC U-19

Liputan6.com, Jakarta Jepang antusias menatap laga 8 besar Piala AFC U-19 2018 melawan Timnas Indonesia U-19, Minggu (28/10/2018). Itu karena mereka akan mendapatkan pengalaman bermain di bawah tekanan puluhan ribu suporter Indonesia.

Sebagai juara Grup B, Jepang akan mendapat tantangan dari Timnas Indonesia U-19 pada babak 8 besar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Karena ini jadi laga yang sangat menentukan, diprediksi bahwa SUGBK akan dipadati puluhan ribu penonton.

Anehnya, hal itu tak membuat Jepang khawatir saat melawan Timnas Indonesia U-19. Pelatih Jepang, Masanaga Kageyama justru sangat menantikan pemandangan seperti itu. Menurutnya, tampil di bawah tekanan penonton lebih baik dibandingkan bermain dengan sedikit penonton.

"Dalam tiga laga terakhir, penonton yang datang ke stadion sangat sedikit. Tekanan yang kami rasakan juga sangat sedikit. Besok kami harus tetap fokus dan tetap memainkan sepak bola di hadapan puluhan ribu suporter yang datang," kata Kageyama di ruang konferensi pers SUGBK, Sabtu (27/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama Kali

Bagi Jepang, ini juga kali pertama selama di Piala AFC U-19 2018 mereka akan bermain di SUGBK. Sebelumnya, mereka memainkan tiga laga Grup B dengan bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Mereka memilkki keuntungan bermain di hadapan pendukung sendiri. Menurut saya itu jadi faktor yang menguntungkan bagi mereka," Kageyama yang semasa bermain berposisi sebagai pemain belakang itu menambahkan.

3 dari 3 halaman

Rapor Sempurna

Di sisi lain, Jepang memiliki rapor sempurna sepanjang bermain di Grup B. Tiga laga Grup B selalu diakhiri dengan kemenangan. Mereka menghajar Korea Utara 5-2, Thailand 3-1, dan Irak 5-0. Mereka pun jadi tim paling produktif sepanjang fase grup Piala AFC U-19 2018 dengan 13 gol.

"Menurut saya sejauh ini semua pemain perform dengan sangat baik. Untuk selanjutnya melawan Indonesia adalah pertandingan penentuan untuk lolos ke Piala Dunia. Ini pertandingan pentng bagi kedua tim. Dan harapan saya semoga tim saya bisa lolos," harap Kageyama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.