Sukses

Lawan UEA, Timnas Indonesia U-19 Benahi Mental Bertanding

Timnas Indonesia dinilai memiliki masalah mental saat kalah dari Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Mental jadi permasalahan yang dihadapi Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Qatar. Karenanya, masalah serupa diharapkan tidak kembali terlihat saat melawan Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10/2018).

Masalah mental saat menghadapi Qatar pada matchday kedua Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018), membuat para pemain Timnas Indonesia U-19 kerap melakukan kesalahan individu. Pelatih Indra Sjafri pun mengakui hal tersebut.

Hal itu yang membuat Qatar tak kesulitan mencetak tiga gol hanya dalam waktu 24 menit. Bahkan, Qatar sempat menambah keunggulan jadi 6-1 saat laga baru memasuki menit ke-56. Namun, saat permainan sudah mulai membaik ditambah pergantian jitu yang dilakukan Indra Sjafri, Indonesia pun menunjukkan aksi kebangkitan.

Buktinya, dari tertinggal 1-6, Timnas Indonesia U-19 bisa memperkecil ketertinggalan jadi 5-6. Empat gol Garuda Nusantara di babak kedua dicetak lewat hattrick Todd Rivaldo Ferre dan satu gol Saddil Ramdani.

Faktor mental pun jadi sorotan Indra Sjafri dalam persiapan melawan UEA. Usai sesi latihan Selasa (23/10/2018), ia mengaku sudah mengevaluasi dan mencoba memperbaiki beberapa kekurangan timnya.

"Untuk melawan UEA, pada latihan hari ini (kemarin) kami sudah perbaiki kekurangan kita terutama barisan pertahanan. Kami harap besok pemain fokus, disiplin dan punya mental yang kuat melawan UEA," tutur Indra Sjafri, kemarin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Permainan UEA

Di laga itu, Indonesia dalam posisi harus meraih kemenangan jika ingin melanjutkan langkahnya ke babak 8 besar. Tentu, Indonesia harus menganggap bahwa Qatar akan meraih kemenangan atas Chinese Taipei. Jika itu terjadi, Indonesia harus unggul dalam selisih gol untuk lolos.

Dua tim dengan agregat gol terbaik (mengabaikan hasil melawan Chinese Taipei) akan lolos ke 8 besar. Saat ini, rincian dari selisih gol ketiga tim adalah (UEA +1), Qatar (0), Indonesia (-1). Untuk lolos sebagai runner-up, Indonesia hanya butuh kemenangan 1-0 atau 2-1. Sedangkan untuk juara grup, Indonesia harus menang 2-0.

"Pada latihan tadi juga kami antisipasi tadi apa saja yang UEA lakukan pada pertandingan nanti. Mungkin saja mereka bermain dengan lebih menunggu dan kami sudah lakukan itu tadi bagaimana membongkar compact defense bila dilakukan UEA," Indra Sjafri menegaskan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Indonesia vs Uni Emirat Arab

24 Oktober 2018

19.00 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.