Sukses

Syarat Timnas Indonesia U-19 Untuk Lolos ke 8 Besar Piala AFC

Timnas Indonesia U-19 masih memiliki peluang untuk lolos.

Liputan6.com, Jakarta - Kekalahan dari Qatar tak menutup peluang Timnas Indonesia U-19 untuk melaju ke babak 8 besar Piala AFC U-19 2018. Ada beberapa persyaratan yang bisa membantu skuat Garuda Nusantara untuk melanjutkan langkahnya.

Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Qatar pada matchday kedua A Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018). Kekalahan itu diakibatkan penampilan buruk Indonesia di babak pertama.

Tiga gol bersarang di gawang Timnas Indonesia U-19 kawalan Muhammad Riyandi hanya dalam waktu 24 menit. Meski begitu, perjuangan tim besutan Indra Sjafri itu tetap layak diacungi jempol. Dari kondisi tertinggal 1-6, mereka bisa mengejar 5-6.

Namun, kekalahan itu membuat Timnas Indonesia U-19 dalam posisi sulit untuk lolos ke 8 besar. Dan nasib mereka ditentukan pada laga pamungkas Grup A melawan Uni Emirat Arab (UEA) di SUGBK, Rabu (24/10/2018).

Berikut syarat yang bisa dipenuhi Timnas Indonesia U-19 jika ingin melanjutkan langkahnya di Piala AFC U-19 2018:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Lolos

1. Qatar kalah dari Chinese Taipei dan Indonesia bermain imbang melawan UEA. Skenario ini akan membuat Indonesia unggul satu poin atas Qatar. Posisinya adalah UEA (7), Indonesia (4), Chinese Taipei (3), dan Qatar (3).

2. Qatar imbang dengan Chinese Taipei dan Indonesia menang atas UEA. Skenario ini akan membuat Indonesia unggul dua poin atas Qatar. Posisinya adalah Indonesia (6), UEA (6), Qatar (4), Chinese Taipei (1).

3. Qatar menang atas Chinese Taipei dan Indonesia menang atas UEA. Hasil ini akan membuat UEA, Qatar, dan Indonesia sama-sama mengoleksi enam poin. Jika skenario itu terjadi, akan dibikin klasemen khusus hanya untuk ketiga tim. Jumlah gol dan kebobolan ketiga saat melawan Chinese Taipei akan diabaikan.

Dua tim dengan agregat gol terbaik akan lolos ke 8 besar. Saat ini, rincian dari selisih gol ketiga tim adalah (UEA +1), Qatar (0), Indonesia (-1). Untuk lolos sebagai runner-up, Indonesia hanya butuh kemenangan 1-0 atau 2-1. Sedangkan untuk juara grup, Indonesia harus menang 2-0.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.