Sukses

Kirab Obor Asian Games di Purwakarta Berakhir di Taman Air Mancur

Liputan6.com, Purwakarta - Kirab obor Asian Games di Purwakarta diakhiri di Taman Air Mancur Sri Baduga. Pemerintah daerah (pemda) Purwakarta sengaja memilih taman ini sebagai garis akhir pawai obor Asian Games.

Kepala Seksi Olahraga, Disdikpora Kabupaten Purwakarta Iwan Kardiwan mengatakan, pihaknya meminta pemerintah pusat menutup rangkaian pawai obor Asian Games di Taman Air Mancur Sri Baduga.

Pemda Kabupaten Purwakarta ingin memperkenalkan Taman Air Mancur Sri Baduga sebagai tempat pariwisata terbaru. Sebab, taman diresmikan pada 2014 ini sangat kental dengan budaya Sunda.

"Dengan adanya kegiatan ini, pihak luar yang belum pernah melihat Purwakarta banyak sekali. Ke depannya bisa dijadikan tujuan pariwisata.Kita konsentrasikan di taman ini," katanya.

"Sebelumnya, pemerintah pusat di Jakarta inginnya di Sungai Citarum, danau Jatiluhur, tapi kita pusatkan di sini (Taman Air Mancur Sri Baduga), hiburannya di sini. Kita perkenalkan taman ini," ujar Iwan menambahkan.

 

1 dari 3 halaman

Terbesar di Asia Tenggara

Taman Air Mancur Sri Baduga resmi menjadi air mancur terbesar di Asia Tenggara. Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia karena anak bangsanya mampu menciptakan karya luar biasa.

Dulu taman ini dikenal dengan sebutan Taman Situ Buleud, hanya sekadar taman untuk berolahraga pagi atau duduk-duduk santai. Kini Taman Air Sri Baduga telah menjadi taman air mancur yang mirip dengan taman air mancur di Danau Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab. Hingga detik ini, Taman Air Mancur di Danau Burj Khalifa masih memegang rekor sebagai taman terbaik dan terbesar di dunia.

Taman Air Mancur Sri Baduga kini memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter. Pipa air tersebut mengelilingi taman air berluas 2 hektar. Berhiaskan kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna yang cantik, dan juga musik yang membuat air ‘menari’ mengikuti irama.

"Kenapa di taman ini? Yang saya dengar, pusat perkembangannya terus, kemudian destinasi wisatanya juga melambung. Itu membuat mereka ingen ke Purwakarta," kata Kadispora menegaskan.

2 dari 3 halaman

Rute Kirab Obor Asian Games

Obor Asian Games diarak ke jalan protokol seperti Jalan Basuki Rahmat dan Jalan RE Martadinata masuk kompleks Kantor Pemkab Purwakarta. Berhubung dengan pelaksanaan ibadah Salat Jumat, obor disimpan sementara di Pemda.

Setelah itu, pada pukul 13.49 WIB, obor akan kembali dibawa lari melintasi Jl Dr Kusumaatmaja, Jend Ahmad Yani, Ibrahim Singadilaga, Baru Taman Pembaharuan, Veteran, Jend Sudirman, KK Singawinata, Siliwangi dan berakhir di Taman Air Mancur Sri Baduga.

Setelah dari Purwakarta, Obor Asian Games 2018 bakal dilanjutkan ke Bandung pada Sabtu (11/8/2018).

Saksikan Live Streaming Asian Games 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bandara Soetta Dapat Tambahan Bus Apron Berlogo Wonderful Indonesia
Artikel Selanjutnya
Hong Kong dan Laos Puji Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi