Sukses

Klasemen Liga 1, Persija Urutan Keempat Sesuai Aturan LIB

Penentuan posisi klub di papan klasemen Liga 1 ditentukan lewat aturan pasal 9 ayat 4.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan klub-klub yang berlaga di kompetisi GoJek Liga 1 bersama Bukalapak berjalan semakin ketat. Torehan poin dari masing-masing klub juga terpaut tipis. Bahkan empat klub yang berada di posisi 4 sampai 7 papan klasemen sementara memiliki poin yang sama. 

Hingga pertandingan ke-19, Persija Jakarta, Bali United, Barito Putera, dan Bhayangkara FC sama-sama mengemas 29 poin. Meski demikian, Persija Jakarta untuk sementara berhak menempati urutan keempat, lalu diikuti Bali United, Barito Putera, dan Bhayangkara FC. 

Menurut rilis yang dikirimkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), pada klasemen sementara Gojek Liga 1 2018, ada pertimbangan logis ketika Persija berada di peringkat yang lebih tinggi dibandingkan Bali United, Barito Putera dan Bhayangkara FC. Regulasi Gojek Liga 1 2018 pada pasal 9 tentang sistem kompetisi menjelaskan bahwa penentuan peringkat di klasemen ditentukan berdasarkan jumlah poin. Kemudian jika terdapat dua klub atau lebih yang poinnya sama, maka dihitung berdasarkan head to head dengan beberapa ketentuan.

Ketentuan head to head jika ada dua diatur lewat pasal 9 ayat 4 dan terbagi dalam empat poin penjelasan. Urutannya ditentukan berdasarkan (a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (b) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (c) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (d) jumlah gol tandang masing-masing klub dari pertandingan pertandingan (gol tandang dikalikan 2) yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditentukan Selisih Gol

Namun ketentuan head to head ini baru berlaku jika setara atau jumlah pertemuan antara dua tim atau lebih dengan poin sama sudah saling bertemu dalam jumlah laga yang sama pula. Ketika hal tersebut belum setara, maka penentuan klasemen sementara kembali berdasarkan selisih gol. Peraturan tersebut telah diadopsi PT LIB dari AFC dan FIFA.

Sampai dengan pekan ke-19, hanya Persija dan Bhayangkara FC yang sudah menjalani empat laga di antara enam pertemuan yang seharusnya dilakoni oleh keempat tim yang telah mengantongi 29 poin tersebut. Sedangkan Barito Putera dan Bali United baru menjalani tiga laga yang melibatkan empat tim tersebut.

Dengan begitu, di antara empat tim yang mengantongi 29 poin tersebut, Persija berada di peringkat yang lebih tinggi karena unggul dalam selisih gol. Setelah itu Bali United, Barito Putera dan Bhayangkara FC.

Berikutnya jika muncul fakta yang sama dan sudah saling bertemu atau equal, maka perhitungan posisi peringkat di klasemen sementara, akan berdasarkan klasemen kecil yang melibatkan klub-klub memiliki poin sama tersebut.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1 2018

 

 

Klasemen sementara Go-Jek Liga 1 hingga pekan 19. __ #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.