Sukses

Terungkap, 3 Pemain Persib Ini Punya Ritual Unik Sebelum Berlaga

Pemain muda Persib ini selalu berdoa demi mendapatkan kelancaran dan kemenangan timnya.

Liputan6.com, Jakarta Nama Ghozali Siregar kini sering disanjung suporter setia Persib Bandung atau Bobotoh. Ia adalah salah satu pilar penting bagi skuat Persib Bandung.

Ini berkat polesan pelatih Persib, Mario Gomez, yang melihat potensinya hingga memberi tempat baginya di skuat inti.

Disinggung resep di balik penampilannya, Ghozali mengaku punya motivasi memberikan kemampuan terbaik. Dia juga mengakui racikan jitu pelatih Roberto Carlos Mario Gomez.

"Saya berusaha yang terbaik. Pelatih juga (meberikan pengaruh besar), main lebih enjoy kita lebih dikasih kebebasan (dalam bermain)," katanya.

Ghozali memang selalu tampil percaya diri saat di lapangan. Ternyata selain berdoa, ada kebiasaan yang dilakukan Ghozali sebelum berlaga agar bisa menambah motivasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ritual

Gelandang berdarah Medan ini kerap menyentuh rumput lapangan stadion sebelum menginjakan kakinya pertama kali. Ghozali melakukan ritual tersebut sebelum pemanasan.

Apa sebenarnya maksud dari ritual tersebut? Pemain bernomor punggung 77 tersebut mengaku, menyentuh rumput hanyalah sebuah kebiasaan saja. Tak ada maksud tertentu.

Menurut Ghozali, dirinya menyentuh rumput setelah berdoa demi mendapatkan kelancaran dan kemenangan timnya.

"Bukan apa-apa. Mungkin hanya kebiasaan sejak dulu saja. Setelah berdoa sebelum masuk lapangan, menyentuh dulu rumput," kata Ghozali usai berlatih di Gelora Bandung Lautan Api, Senin 6 Agustus 2018.

3 dari 4 halaman

Nonton Film

Sama halnya dengan Ghozali, pemain lainnya pun melakukan beberapa kebiasaan. Ada yang terdiam berdoa, bahkan ada beberapa pemain yang terbiasa mendengarkan musik selama perjalanan ke stadion.

Bahkan Henhen Herdiana mengaku senang menonton film sebelum timnya berangkat ke stadion. "Nonton film India," kata pemain belakang Persib bernomor punggung 12 tersebut.

4 dari 4 halaman

Lepas Ketegangan

Sebelumnya, bek andalan Persib, Bojan Malisic, juga memiliki ritual tersendiri agar tetap fight menjalani laga.

Ia rupanya selalu ingin sejenak melepas ketegangan menjelang laga. Rupanya, pantai merupakan pilihan favorit bagi pemain asal Serbia untuk menjaga semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.