Sukses

Perjalanan Karier Jurgen Klopp di Pentas Eropa

Jurgen Klopp belum pernah merasakan gelar di kompetisi antarklub Eropa.

- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, berpeluang untuk meraih gelar Eropa pertamanya. Ia memiliki modal yang bagus untuk menantang Zinedine Zidane.

Berbicara umur dan pengalaman, Klopp unggul atas Zinedine Zidane. Klopp lebih tua lima tahun dari Zidane dan sudah memulai karier sebagai pelatih pada 2001 atau ketika usianya 34 tahun.

Saat itu, Klopp menangani Mainz. Ia bertahan di klub tersebut selama tujuh tahun dan pindah ke Borussia Dortmund.

Perjalanannya bersama Dortmund menjadi awal Klopp dikenal sebagai pelatih yang karismatik. Ia mematahkan dominasi Bayern Munchen di Bundesliga setelah meraih gelar pada 2010-11 dan 2011-12.

Selain itu, Dortmund juga melangkah ke final Liga Champions pada 2013, tapi takluk dari Bayern Munchen.

Tujuh musim di Borussia Dormtund, Klopp memutuskan untuk rehat pada 2015. Belum genap semusim menikmati rehat, Klopp ditunjuk untuk menangani Liverpool menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat.

Pada musim perdananya, Klopp mengantarkan Liverpool ke laga puncak Liga Europa. Namun, ia kembali harus kecewa setelah kalah dari Sevilla.

Kali ini, kesempatan untuk menjadi juara di Eropa kembali terbuka. Klopp dituntut untuk memutar otak agar bisa mengantarkan Liverpool menjadi yang terbaik sekaligus membuktikan dirinya lebih unggul dari Zinedine Zidane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.