Sukses

Wenger Akui Stadion Emirates Bikin Arsenal Sulit Raih Trofi

Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui pembangunan Stadion Emirates berdampak negatif bagi kans timnya meraih trofi.

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui pembangunan Stadion Emirates memang berdampak negatif bagi kans timnya meraih trofi. Pasalnya, Arsenal harus irit di bursa transfer pemain untuk menutup biaya pembangunan stadion berkapasitas sekitar 60 ribu penonton tersebut.

"Kami harus melakukannya. Tak ada klub yang ingin jumlah penontonnya sedikit. Waktu itu, saya pikir kami terlalu ambisius dengan kapasitas 60 ribu, tetapi pada akhirnya kami berhasil," ujar Wenger seperti dilansir Sky Sports.

Seperti diketahui, Arsenal pindah kandang dari Highbury ke Stadion Emirates pada 2006, Menambah kapasitas jumlah penonton menjadi tujuan Arsenal kala itu.

Maklum, Highbury hanya berkapasitas tak lebih dari 40 ribu penonton. Jumlah tersebut dipandang terlalu kecil bagi klub sebesar Arsenal.

Pembangunan Stadion Emirates memang berhasil dilakukan. Namun Arsenal harus membayar uang yang digunakan untuk membangun stadion itu.

Alhasil, budget untuk belanja pemain berkualitas pun berkurang. Wenger pun terpaksa memanfaatkan budget dan pemain yang ada untuk berkompetisi dengan klub lain hingga pembayaran itu lunas pada 2015.

Publik pun menilai, Arsenal dan Wenger bisa mengoleksi lebih banyak trofi jika uang belanja pemain tak dibatasi. "Kami harus membayar hutang dan berkompetisi dengan klub yang punya lebih banyak sumber daya dari yang biasa mereka miliki," kata Wenger.

"Secara pribadi, dari 2006 hingga 2015, itu adalah periode di mana saya harus maksimal dan melakukan pekerjaan terbaik," ujar Wenger menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stadion Spesial

Lebih lanjut, Wenger sendiri menganggap Stadion Emirates tempat yang spesial. Meskipun, ada spirit Highbury yang tak tergantikan oleh stadion baru tersebut

"Stadion Emirates bagi saya adalah seperti membeli rumah baru. Butuh waktu bagi kami untuk merasa seperti di rumah. Ini stadion fantastis, tetapi ada sesuatu yang spesial di Highbury," kata Wenger.

"Saya percaya Highbury punya spirit spesial. Stadion itu seperti katedral. Anda bisa merasakan energi dari pemain yang pernah bermain di sana. Stadion itu akan selalu spesial bagi saya," tambah Wenger.

3 dari 3 halaman

Jadi Apartemen

Stadion Highbury saat ini telah berubah menjadi apartemen bernama Highbury Square. Beberapa perubahan dibuat di beberapa sektor stadion.

Beberapa perubahan yang dibuat antara lain pada tribun stadion. Lapangan bermain kemudian diubah menjadi taman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Arsene Wenger