Sukses

Pembalap Pemula Pertajam Catatan Waktu di Yamaha Sunday Race

Ada 211 starter yang ikut di 10 kelas pada Yamaha Sunday Race seri 2.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap pemula yang tampil di kelas R25 comm B beginner sukses mencuri perhatian saat ikut balapan di Yamaha Sunday Race (YSR) 2018 di Sirkuit Sentul, Minggu (6/5/2018). Ada 25 starter dari komunitas yang ikut kelas R25 comm B beginner.

Salah satu pembalap yang memukau yaitu Habil Yusuf Ibrahim dari tim Yamaha R25 Owners Indonesia yang merebut pole-position dengan waktu tercepat 1 menit 58,751 detik dengan kecepatan rata-rata 119,7 km/jam.

Pada seri pertama Yamaha Sunday Race , Habil Yusuf Ibrahim mengukir waktu 2 menit 03,029 detik dan berada di deretan ke-3. Untuk waktu tercepat saat seri pertama dipegang Rafli Yazid Erfandi yang menorehkan waktu 2 menit 02,355 detik. Jadi semakin tajam sekitar 3,6 detik. Perubahan yang sangat drastis atau luar biasa.

"Yamaha selalu melakukan improve untuk mengakomodir keinginan teman-teman komunitas Seperti juga kelas R25 Comm B Beginner yang dikhususkan untuk pembalap-pembalap baru yang ingin balapan di Sentul. Jadi kita selalu meningkatkan penyajian balapan Yamaha Sunday Race dari waktu ke waktu," ujar Kadek Suma, Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM).

Tercatat 211 starter yang ikut Yamaha Sunday Race seri dua. Ada 10 kelas yang dilombakan dan notabene didominasi kategori komunitas. Bagaimanapun juga, gelaran Yamaha Sunday Race adalah wujud apresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk teman-teman komunitas di berbagai daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Berbagai Daerah

Peserta kelas baru R25 Comm B beginner berasal dari berbagai daerah.Diantaranya berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jabar dan Banten. Mereka membawa nama tim YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), kemudian Cornering Indonesia, Yamaha R25 Rider Club Indonesia (YARRCI) dan YRFI.

Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang tidak sekedar menyajikan sarana balapan di Sirkuit Sentul. Ada langkah edukasi yang diberikan dengan fasilitas Riding Analyzer.

Komunitas dapat mengetahui dan memahami dimana letak kekurangannya dalam konteks racing line, titik pengereman dan cornering. Data ini yang kemudian dipelajari dan diterapkan dalam setiap tahap balapan untuk bisa meraih catatan waktu yang lebih optimal.

3 dari 3 halaman

Rekor Richard Taroreh

Sementara itu, Richard Taroreh yang menunggangi pacuan Yamaha YZF-R25 mencatat rekor terbaru di kategori Sport 250 cc Profesional Rider. Racer asal Sulawesi Utaraini mengukir waktu 1 menit 42,821 detik dalam sesi kualifikasi.

Itu berbeda 1,042 detik dari rekan setimnya, Syahrul Amin yang ada di deretan ke-2.

Pada YSR seri 1 (7 April), Syahrul Amin yang tercepat dengan menorehkan best-time 1 menit 44,447 detik. Alhasil, ada penajaman yang cukup fantastis hingga 1,6 detik.

Tentu saja, catatan waktu ini menjadi bukti bahwa konsistensi riset yang dilakukan oleh tim memberikan hasil yang signifikan. Pada akhirnya, output yang didapat di Yamaha Sunday Race siap dibawa ke pentas balap nasional Kejurnas Sport 250 cc (IRS 2018 Sentul).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.