Sukses

Soal Rossi Vs Marquez, Pihak MotoGP Segera Ambil Keputusan

Keputusan itu akan diambil sebelum balapan MotoGP Austin.

Liputan6.com, Austin - Perseteruan Valentino Rossi dan Marc Marquez pada MotoGP Argentina 2018 telah jadi pembicaraan besar. Bahkan, akan ada pertemuan yang dilakukan Race Director dengan para pembalap sebelum MotoGP Austin 2018.

Bukan kesuksesan Cal Crutchlow yang jadi topik pembicaraan pada MotoGP Argentina 2018 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo. Publik lebih banyak menyoroti insiden yang melibatkan Rossi, pembalap Movistar Yamaha dan Marquez, pembalap Repsol Honda.

Saat itu, Marquez melakukan aksi berbahaya yang membuat The Doctor sempat terjatuh di lap ke-20. Akibat dari insiden itu, Rossi gagal meraih poin karena finis di urutan ke-19. Padahal, sebelum disenggol Marquez, The Doctor tengah nyaman menempati posisi delapan.

Usai balapan MotoGP Argentina, pembalap berusia 39 tahun itu mendesak pihak MotoGP untuk mengambil tindakan terkait aksi Marquez. Kini, untuk kali pertama pihak MotoGP angkat bicara mengenai insiden tersebut.

"Semua insiden selalu berbeda dalam beberapa cari, sanksi diputuskan anggota komisi dengan mempertimbangkan semua kondisi setelah melihat semua kamera dari berbagai angle, serta beberapa informasi terkait seperti kesalahan sebelumnya," ujar Mike Webb, Race Director MotoGP, kepada Marca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rentetan Blunder Marquez

Marquez memang melakukan banyak kesalahan sepanjang MotoGP Argentina. Di awal, ia tak mematuhi kewajiban start dari pit lane setelah motornya sempat bermasalah jelang balapan dimulai. Lalu, ia juga sempat menyenggol Aleix Espargaro sebelum akhirnya membuat Rossi terjatuh.

Akibat banyak kesalahannya itu, Rossi pun telah mendapatkan hukuman berupa penalti 30 detik. Itu mengapa The Baby Alien dicatat finis di urutan ke-18 meski sebenarnya menyelesaikan balapan di posisi kelima.

"Sanksi itu sesuai dengan pelanggaran, kontak pertama (dengan Espargaro) dan senggolan lain untuk aksi tak bertanggung jawab (pada Rossi). Race Director akan bertemu dan memutuskan tindakan selanjutnya sebelum Austin, yang bisa mencakup diskusi dengan pilot," Webb menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP

1. Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V) 38 points

2. Andrea Dovizioso Ducati Team (GP18) 35 points

3. Johann Zarco Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 28 points

4. Maverick Vinales Movistar Yamaha (YZR-M1) 21 points

5. Marc Marquez Repsol Honda (RC213V) 20 points

6. Jack Miller Pramac Ducati (GP17) 19 points

7. Danilo Petrucci Pramac Ducati (GP18) 17 points

8. Valentino Rossi Movistar Yamaha (YZR-M1) 16 points

9. Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) 16 points

10. Andrea Iannone Suzuki Ecstar (GSX-RR) 15 points

11. Tito Rabat Reale Avintia (GP17) 14 points

12. Dani Pedrosa Repsol Honda (RC213V) 9 points

13. Hafizh Syahrin Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 9 points

14. Franco Morbidelli EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 6 points

15. Pol Espargaro Red Bull KTM Factory (RC16) 5 points

16. Scott Redding Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 4 points

17. Alvaro Bautista Angel Nieto Team (GP17) 3 points

18. Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) 3 points

19. Karel Abraham Angel Nieto Team (GP16) 1 points

20. Jorge Lorenzo Ducati Team (GP18) 1 points

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.