Sukses

Rekor Penonton Pecah, AFC: Terima Kasih Persija

Persija mencetak rekor penonton terbanyak di AFC Cup.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) mengucapkan selamat kepada Persija Jakarta. AFC merasa Persija sudah membantu mempopulerkan AFC Cup.

Persija mencetak rekor penonton terbanyak di AFC Cup. Di laga Persija melawan Johor Darul Ta'zim (JDT), Selasa (10/4/2018), ada 60.157 penonton yang menyaksikan pertandingan di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGB).

Sebelumnya, rekor penonton terbanyak tercipta saat partai final Piala AFC 2010. Ketika itu ada 58.604 penonton yang menyaksikan pertandingan Al Ittihad melawan Qadsia SC Kuwait.

"Rekor ini menunjukkan minat penonton yang terus meningkat dan semakin kuatnya daya tarif AFC Cup. Saya mengucapkan selamat kepada Persija Jakarta," kata Sekretaris Jenderal AFC, Dato 'Windsor John, di situs resmi AFC.

"Sangat mengesankan rekor ini tercipta di fase grup. Mungkin akan terus melihat pertandingan yang lebih mengesankan dan melibatkan semangat para penggemar," ujarnya melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menang Telak

Dalam laga di SUGBK, Persija menang telak 4-0 atas JDT. Empat gol kemenangan Macan Kemayoran diborong Marko Simic.

Dengan empat golnya ke gawang JDT, Simic menjadi pemain pertama dari klub Indonesia yang mampu mencetak lebih dari tiga gol di AFC Cup dalam semusim. Sebelumnya, dia mencetak hattrick saat Macan Kemayoran menang 4-1 atas Tampines Rovers di SUGBK, Februari lalu.

Menariknya, tujuh gol yang dicetak Simic tercipta di SUGBK. Torehan golnya di AFC Cup saat ini membuatnya bertengger di puncak top scorer.

3 dari 3 halaman

Posisi Puncak Grup H

Kemenangan itu membuat Persija berada di puncak klasemen Grup H dengan raihan 10 poin. Macan Kemayoran hanya unggul head to head dari klub Vietnam, Song Lam Nghe An, yang memiliki poin sama.

Namun demikian, Simic menganggap posisi Macan Kemayoran belum aman. Persija masih membutuhkan satu kemenangan di kandang klub Singapura, Tampines Rovers untuk mengamankan tiket ke fase gugur.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, target Persija adalah melaju ke babak berikutnya. Kami harus memenangkan pertandingan terakhir di Singapura. Satu poin tidak cukup di sana, jadi kami harus menang," kata Simic, dikutip dari situs AFC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Persija Jakarta berdiri pada 28 November 1928. Persija merupakan klub kebanggaan masyarakat Jakarta.
    Persija Jakarta berdiri pada 28 November 1928. Persija merupakan klub kebanggaan masyarakat Jakarta.

    Persija Jakarta

  • AFC Cup adalah kompetisi sepak bola antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).
    AFC Cup adalah kompetisi sepak bola antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

    afc cup