Sukses

Bocah SD Medan Jaga Peluang ke Barcelona

Liputan6.com, Medan - SDN 064011 Mabar berhasil keluar sebagai juara MILO Football Championship Medan usai menaklukkan SDN 025281 Binjai 1-0 di Stadion Mini Pancing, Kota Medan, Sumatera Utara. Gol tunggal SDN 064011 Mabar tercipta di menit ke-9 babak kedua.

Gol tunggal SDN 064011 Mabar tercipta lewat tendangan bebas yang diciptakan Aldi Kusuma Wardana. Hasil ini membuat SDN 064011 Mabar menjadi juara MILO Football Championship Medan dan berhak meraih medali emas dan uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta serta piala MILO.

"Cukup kewalahan saat menghadapi tim SDN 025281 Binjai di babak final. Sejak awal pertandingan, tim lawan sudah menyulitkan pemain-pemain kami untuk merebut skor. Pada menit-menit terakhir, pertahanan tim lawan sudah mulai melemah. Kemudian menjadi keuntungan bagi kami," kata guru olahraga dan pelatih SDN 064011 Mabar Luhono Sabar Raharjo, Minggu (1/4/2018).

Diungkapkan Luhono, MILO Football Championship 2018 merupakan kejuaraan pertama yang dimenangkan oleh SDN 064011 Mabar. Pihaknya berharap, kemenangan ini dapat semakin memotivasi anak-anak untuk lebih giat berlatih agar dapat meraih prestasi yang membanggakan sekolah.

"Jadi pemantik, agar anak-anak bisa berprestasi lebih banyak lagi," ujarnya.

Aldi Kusuma Wardana yang menjadi penentu kemenangan tim SDN 064011 Mabar mengungkapkan, dirinya bersama teman-teman satu tim sempat khawatir tidak bisa memenangkan pertandingan di babak final.

"Berkat dukungan dari keluarga dan sekolah, kami menjadi bersemangat dan dapat membobol gawang lawan di menit terakhir," ucap Aldi, siswa kelas 5 SD berusia 11 tahun itu.

Sementara itu, SDN 101938 Adolina Perbaungan behasil meraih juara ketiga di MILO Football Championship Medan setelah mengalahkan MIS Nurul Iman Tanjung Morawa dengan skor 2-0, sehingga berhak meraih uang pembinaan Rp 2,5 juta, medali, dan trofi.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Kemenpora

Tahun ini, kompetisi sepak bola U-12 antar Sekolah Dasar MILO Football Championship diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) di bawah payung Peraturan Menteri Kementerian Pemuda dan Olahraga No. 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga.

Para pemenang MILO Football Championship dari tiap kota, yaitu Jakarta, Medan, Bandung, dan Makassar akan langsung lolos untuk mengikuti babak final kompetisi sepak bola U-12 Piala Menpora tahun 2018 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Olahraga Nasional XXXV tahun 2018.

MILO Football Championship 2018 juga akan kembali mencari pemain terbaik dari tiap kota sebagai bagian dari kerja sama Nestlé MILO dengan FC Barcelona yang telah berjalan sejak 2017 lalu untuk mendorong gaya hidup sehat dan mengampanyekan pentingnya aktivitas fisik kepada generasi muda di Asia, Oseania, Afrika dan Amerika Latin.

3 dari 3 halaman

Latihan di Barcelona

Para pemain terbaik ini akan dipilih oleh tim talent scouting yang memiliki lisensi Asian Football Confederation (AFC), yaitu Zaenal Abidin, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Ponaryo Astaman. Dalam memilih pemain terbaik MILO Football Championship tahun ini, tidak hanya akan dinilai dari kemampuan individu anak, namun juga akan menilai sikap di lapangan serta kemampuan untuk bermain dalam tim.

"Nantinya kami akan memilih 18 anak dari Jakarta, Medan, Bandung, dan Makassar yang akan mengikuti pelatihan eksklusif di MILO Football Camp bersama pelatih dari FCBEscola Barcelona. Sembilan pemain yang berhasil melewati tahap seleksi ini akan bergabung dengan puluhan anak lainnya dari seluruh dunia untuk mendapatkan pelatihan intensif di FCBEscola Barcelona," ungkap Kurniawan.

Sports Marketing Manager Nestle MILO Donny Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada MILO Football Championship Medan. Pihaknya percaya olahraga merupakan guru terbaik yang dapat mengajarkan nilai-nilai pantang menyerah, percaya diri, sportivitas, dan kerja sama tim.

“Selanjutnya, adik-adik di Bandung yang akan siap bertanding dan menunjukkan permainan terbaiknya untuk meraih juara MILO Football Championship,” Donny menandaskan.

Loading