Sukses

3 Pemain Arsenal yang Tampil Buruk di Musim Ini

Liputan6.com, London - Satu kesempatan bagi Arsenal untuk meraih gelar di musim 2017/2018 sudah sirna. Itu karena mereka bertekuk lutut di hadapan Manchester City saat melakoni partai final Piala Liga Inggris di Wembley Stadium, Minggu (25/2/2018).

Pada laga tersebut, Arsenal takluk tiga gol tanpa balas dari Manchester City. Tiga gol The Citizens dilesakkan Sergio Aguero di menit ke-18, Vincent Kompany ke-58, dan David Silva ke-65.

Padahal, Piala Liga Inggris adalah salah satu dari dua kompetisi yang paling mungkin dijuarai Arsenal. Itu karena kesempatan mereka di dua kompetisi lain sudah nyaris tertutup. Di Piala FA, mereka sudah didepak Nottingham Forest di babak ketiga.

Di Liga Inggris, Arsenal tak kunjung masuk zona empat besar. Sampai saat tim asuhan Arsene Wenger itu masih tertahan di urutan keenam, terpaut 10 poin dari urutan keempat. Keterpurukan mereka pun tak lepas dari penampilan buruk beberapa pemain.

Menurut Liputan6.com, setidaknya ada tiga pemain yang penampilannya di musim ini gagal memenuhi ekspektasi. Hal itu yang menjadi penyebab mereka gagal tampil kompetitif di semua kompetisi.

 

1 dari 4 halaman

1. Alexandre Lacazette

Ekspektasi Arsenal kepada Lacazette jelas sangat besar. Apalagi, Arsenal harus merogoh kocek hingga 53 juta euro untuk membajaknya dari Olympique Lyon pada musim panas 2017. Tingginya nilai Lacazette jelas sangat wajar.

Selama di Lyon, pemain asal Prancis itu memiliki jumlah gol yang memukau di setiap musim. Sejak musim 2013/2014, minimal ia mampu menyumbang 22 gol dalam semusim. Bahkan, di musim 2016/2017 ia bisa melesakkan 37 gol.

Anehnya, Lacazette tak mampu mengulangi penampilan terbaiknya di musim ini. Meski sudah dimainkan dalam 29 pertandingan, baru sembilan gol dan empat assist yang disumbangkan pemain berusia 26 tahun tersebut.

 

2 dari 4 halaman

2. Shkodran Mustafi

Salah satu penyebab keterpurukan Arsenal di musim ini juga tak lepas dari buruknya sistem pertahanan mereka. Di Liga Inggris, mereka menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak di antara penghuni tujuh besar.

Dalam 15 pertandingan terakhir di semua kompetisi, gawang Arsenal hanya dua kali terhindar dari kebobolan. Alhasil, mereka juga hanya bisa mengukir empat kemenangan dalam 15 laga terakhir.

Salah satu bek dengan penampilan mengecewakan adalah Mustafi. Padahal, bek berusia 25 tahun itu dianggap memiliki potensi besar. Ia juga sudah menjadi bek andalan Timnas Jerman. Sayang, dari 23 penampilan di musim ini, ia gagal menciptakan kolaborasi hebat bersama Laurent Koscielny.

 

3 dari 4 halaman

3. Mesut Ozil

Menyandang status sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia, penampilan Ozil justru tak konsisten sepanjang musim. Terkadang, ia mampu tampil memenuhi ekspektasi, tapi tak jarang pula performanya sangat mengecewakan.

Padahal, Ozil menanggung harapan besar dari segenap pendukung Arsenal. Terlebih, gelandang Timnas Jerman itu juga telah memperpanjang kontrak yang akan membuatnya tinggal di London hingga Juni 2021.

Secara keseluruhan, Ozil sudah melakoni 25 pertandingan di semua kompetisi. Kontribusinya hanya berupa torehan lima gol dan tujuh assist. Musim lalu, Ozil mengoleksi 12 gol dan 14 assist dari 44 laga.

Artikel Selanjutnya
5 Pesepak Bola Afrika yang Menyihir Dunia 
Artikel Selanjutnya
Dianggap Cocok Gantikan Wenger, Ini Tanggapan Henry