Sukses

Kejuaraan Beregu Asia: Putri Indonesia Tumbangkan Tiongkok

Della Destiara Haris / Rizki Amelia Pradipta menjadi penentu kemenangan tim putri Indonesia atas Tiongkok pada Kejuaraan Beregu Asia.

Liputan6.com, Jakarta Tim putri Indonesia secara mengejutkan mengalahkan unggulan kedua Tiongkok pada babak penyisihan Grup Z Kejuaraan Beregu Asia 2018. Fitriani dan kolega saat ini sudah unggul 3-2 dalam laga yang berlangsung di Stadium Sultan Abdul Halim, Kedah, Malaysia, Kamis (8/2/2018) siang.

Dengan hasil ini, tim putri Indonesia memuncaki klasemen akhir Grup Z Kejuaraan Beregu Asia hasil dua kemenangan. Di laga pertama, mereka mengalahkan Singapura dengan skor telak 5-0. Sementara Tiongkok harus puas di peringkat kedua.

Kemenangan Indonesia atas Tiongkok ditentukan ganda campuran Della Destiara Haris / Rizki Amelia Pradipta di laga keempat. Pasangan ini mengalahkan Cao Tong Wei / Yu Zheng lewat pertandingan ketat selama satu jam 10 menit.

Di game pertama, Della / Rizmi menang dengan skor 21-14. Tetapi di game kedua, Della / Rizki tertinggal dalam perolehan poin hingga interval dengan skor 6-11.

Mendapat lima poin beruntun untuk menyamakan skor 11-11, Della / Rizki membuat laga berjalang ketat. Tapi, upaya mereka untuk memenangkan game ini gagal setelah Cao / Yu menyentuh angka 21 terlebih dahulu.

Pada game penentuan, kondisi terbalik. Giliran Della / Rizki yang sesalu unggul dalam perolehan poin. Namun, Cao / Yu bisa menyamakan skor menjadi 14-14.

Della / Rizki berpeluang memenangkan laga ini saat unggul 20-18. Akan tetapi, Cao / Yu dapat dua poin untuk memaksa laga diakhiri dengan deuce. Setelah dua kali deuce, Della / Rizki akhirnya menyudahi perlawanan ganda putri Tiongkok.

Meski melawan Tiongkok masih menyisakan satu laga lagi, hal itu sudah tidak berpengaruh untuk Indonesia. Berstatus juara Grup Z, Indonesia akan menghadapi Taiwan yang menjadi runner up Grup X, di perempat final Kejuaraan Beregu Asia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agak Tertekan

Tunggal putri Indonesia Fitriani. (Humas PP PBSI)

Di atas kertas, Della / Rizki lebih diunggulkan dari Cao / Yu. Namun, pertandingan berlangsung sangat sengit. Terlebih, poin dari Della / Rikzi sangat krusial. Pasalnya, sektor ganda menjadi andalan tim putri Indonesia.

"Kami tidak dibebankan, tetapi kami kan pasti mau menang, mau berusaha menyumbang angka untuk tim. Apalagi Indonesia sudah unggul 2-1. Kami terlalu ingin menang, setelah menang di game pertama, kami justru terlalu hati-hati mainnya," kata Della usai pertandingan.

"Waktu di akhir-akhir game, kami tidak mau memikirkan poin, yang penting bagaimana caranya shuttlecock masuk dulu ke area lawan. Semakin kami nafsu ingin mematikan lawan, mereka malah akan semakin bagus."

"Lawan bermain nothing to lose, dan kami agak tertekan karena kalah di game kedua. Sebetulnya mereka hanya menunggu kami membuat kesalahan sendiri. Kami bersyukur tim putri bisa menang dari Tiongkok, sebetulnya yang tidak disangka itu Fitriani bisa menang di partai pertama, dia tampil luar biasa," ucap Rizki.

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Indonesia Vs Tiongkok

Ganda putri Indonesia Greysia Polii / Apriyani Rahayu. (Humas PP PBSI)

Fitriani vs Chen Yu Fei 16-21, 21-12, 21-15

Greysia Polii / Apriyani Rahayu vs Du Yue / Li Yunhui 21-18, 21-12

Gregoria Mariska Tunjung vs He Bingjiao 21-23, 10-21

Della Destiara Haris / Rizki Amelia Pradipta vs Cao Tong Wei / Yu Zheng 21-14, 21-19, 23-21

Ruseli Hartawan vs Chen Xiaoxin 17-21, 17-21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.