Sukses

Daftar 10 Pemain yang Pernah Berkostum Liverpool - Man City

Jakarta - Liverpool menjamu Manchester City, pada laga lanjutan Premier League 2017-2018, di Stadion Anfield, Minggu (14/1/2018) malam WIB. Pertemuan keduanya memunculkan para pemain yang pernah berkostum Liverpool lalu membelot ke Manchester City, dan sebaliknya.

Ada beberapa pemain yang sedang dan pernah merasakan berkostum dua klub raksasa di pentas Premier League tersebut. Sosok terakhir yang melakukan itu adalah Daniel Sturridge dan James Milner, yang sekarang membela Liverpool. Lalu ada Raheem Sterling, penyerang Manchester City, yang dulu pernah berseragam Liverpool.

Situs Liverpool mengungkapkan, setidaknya ada delapan pemain, di luar tiga pemain di atas, yang pernah mengenakan kostum Liverpool dan Manchester City sepanjang karier mereka. Hebatnya, beberapa di antara mereka mampu memberikan sumbangsih positif kala bergabung dengan The Reds dan The Citizens.

Berikut ini 10 pemain yang pernah membela Liverpool lalu berkostum Manchester City dan sebaliknya:

 

1 dari 11 halaman

Steve McManaman

Liverpool: 364 pertandingan, 66 golManchester City: 44 pertandingan, 0 gol.

Legenda Liverpool, Ian Rush menyebut Steve McManaman sebagai satu di antara pemain muda The Reds yang paling menjanjikan. Steve McManaman bisa mengeluarkan kemampuan maksimal jika tampil sebagai winger, meski beberapa kali juga bisa beroperasi dari sektor tengah. Ia menjadi tandem sepadan bagi John Barnes.

Steve McManaman pernah menjadi kunci di pentas Piala FA 1992 dan mencetak dua gol brilian pada final Piala Liga Inggris 1995, kontra Bolton Wanderers. Sepasang gol Steve McManaman membuat Liverpool menang 2-1.

Setelah sempat membela Real Madrid, Steve McManaman kembali ke Inggri. Kali ini ia memilih Manchester City dan bergabung pada 2003 berkat rayuan Kevin Keegan, yang saat ini menukangi Manchester Biru.

2 dari 11 halaman

Kolo Toure

Manchester City: 102 pertandingan, 3 gol

Liverpool: 71 pertandingan, 1 gol

Ia meninggalkan Manchester City pada 2013 guna menggantikan peran bek Liverpool, Jamie Carragher, yang pensiun. Bek sentral tersebut menjadi figur penting selama tiga tahun bersama Liverpool.

3 dari 11 halaman

Robbie Fowler

Liverpool: 369 pertandingan, 183 gol

Manchester City: 92 pertandingan, 27 gol

Robbie Fowler mulai mencatatkan jejak sejarah sebagai legenda Liverpool pada September 1993 setelah mencetak gol perdana. Setelah itu, ia selalu menjadi pilihan utama lini depan Liverpool. Fowler sukses memastikan diri menjadi sosok bersejarah bagi Liverpool.

Fowler mencapai koleksi gol ke-100 lebih cepat dibanding Ian Rush, dan mengoleksi tiga trofi pada 2001, yakni Piala Liga, Piala FA dan Piala UEFA. Setelah itu, ia meninggalkan Anfield dan bergabung dengan Leeds United. Fowler bergabung dengan Kevin Keegan di Manchester City pada 2003 dan mencetak gol ke gawang Liverpool di Anfield, saat The Reds ditukangi Rafa Benitez.

4 dari 11 halaman

Steve McMahon

Liverpool: 277 pertandingan, 50 gol

Manchester City: 100 pertandingan, 1 gol

Gelandang petarung ini didatangkan Liverpool dari Aston Villa pada 1985 saat Kenny Dalglish baru saja mendarat di sana. Dalglish datang guna mengganti peran Graeme Souness.

McMohan memenangi liga dan Piala FA pada musim perdananya, ditambah dua lagi titel juara Liga Inggris dan Piala FA, sebelum pergi ke Manchester City pada 1991. Dia hanya bertahan sampai 1994, dan bergabung sebagai pelatih-pemain di Swindon Town.

 

5 dari 11 halaman

Dietmar Hamann

Liverpool: 283 pertandingan, 11 gol

Manchester City: 71 pertandingan, 1 gol

Dietmar Hamann datang dari Newcastle United pada musim panas 1999. Saat itu ia menjadi bagian dari program penguatan komposisi pemain ala Gerard Houllier. Ia mengoleksi enam trofi selama tujuh tahun berada di Anfield, termasuk Piala UEFA 2001, Piala FA dan Piala Liga, lalu Liga Champions 2005.

Dietmar Hamann bergabung dengan Manchester City pada Juli 2006, dan bermain di sana selama tiga tahun.

 

6 dari 11 halaman

David James

Liverpool: 277 pertandingan, 0 gol

Manchester City: 100 pertandingan, 0 gol

David James menjadi satu di antara kiper termuda Inggris ketika datang ke Anfield dari Watford pada 1992. Tapi, meski tampil brilian dan mengoleksi Piala Liga Inggris, dia tak pernah mencapai titik puncak bersama Liverpool.

David James meninggalkan Liverpool pada 1999 ke Aston Villa, dan kemudiang menjadi kiper Timnas Inggris. Ia bergabung dengan Manchester City pada 2004.

 

7 dari 11 halaman

Nicolas Anelka

Liverpool: 24 pertandingan, 5 gol

Manchester City: 98 pertandingan, 45 gol

Pengoleksi trofi juara Liga Champions dan dua trofi jawara Premier League, Nicolas Anelka, bergabung dengan status pinjaman dari PSG pada Desember 2001. Ia membantu Liverpool finis di posisi kedua musim itu, meski selalu gagal mendapatkan kontrak permanen.

Anelka bergabung dengan Manchester City di bawah kendali Kevin Keegan dengan pembelian 13 juta pounds, dan menjadi top skorer klub pada dua musim di sana.

 

8 dari 11 halaman

David Johnson

Liverpool: 214 pertandingan, 78 gol

Manchester City: 6 pertandingan, 1 gol

Penyerang David Johnson sudah menjadi bagian dari timnas Inggris saat bergabung dengan Liverpool dari Ipswich Town pada 1976. Ia membantu armada Bob Paisley menuai medali liga pada debut, dan menang dua Piala Eropa plus Piala Liga Inggris. Ia bergabung dengan Manchester City pada 1984, setelah sebelumnya sempat berkostum Everton pada 1982.

 

9 dari 11 halaman

Craig Bellamy

Liverpool: 79 pertandingan, 18 gol

Manchester City: 51 pertandingan, 15 gol

Seolah tak pernah mati, Craig Bellamy pernah dua periode menjadi pemain Liverpool. Periode pertama terjadi pada 2006 dan 2007 dan momen kedua pada 2011 - 2012.

Bellamy kembali ke Anfield dari Manchester City, dan bergabung dengan Mark Hughes.

 

10 dari 11 halaman

Matt Busby

Manchester City: 227 pertandingan, 14 gol

Liverpool: 122 pertandingan, 3 gol

Sang legenda pernah membela Liverpool dalam 122 pertandingan sepanjang 1939 - 1940. Setelah itu, ia mendapat tawaran menjadi asisten manajer Georgie Kay di Anfield, namun tak berhasil. Lalu, dia memutuskan bermain bareng Manchester City dalam lebih dari 200 pertandingan dan mengoleksi Piala FA pada 1934.

Sumber: LiverpoolFC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Prediksi Manchester City Vs Swansea: Tetap Tampil Serius
Artikel Selanjutnya
Mantan Kapten Arsenal Kandidat Serius Pengganti Wenger