Sukses

Oh In Kyun Didatangkan Sesuai Kebutuhan Persib

Oh In Kyun bisa jadi gelandang serang serta second striker atau penyerang lubang Persib.

Liputan6.com, Bandung - Oh In Kyun mengisi slot terakhir pemain asing untuk Persib Bandung sesuai dengan regulasi yang berlaku di Liga 1. Seperti diketahui, setiap klub hanya diperkenankan memiliki empat pemain asing: satu marquee player, dua pemain asing (non-Asia) dan satu pemain asing (Asia).

Sebelumnya tim berjuluk Maung Bandung telah memiliki Michael Essien (Marquee player), Ezechiel N'Douassel dan Bojan Malisic (pemain asing non Asia). Oh In Kyun mewakili pemain asing dari Asia.

Namun banyak pihak yang mempertanyakan keputusan Persib mendatangkan gelandang asal Korea Selatan tersebut. Pasalnya, meski telah malang melintang dalam kancah sepakbola tanah air, In Kyun tercatat hanya beberapa kali membela tim yang notebenya berstatus papan atas.

Selain itu umur mantan pemain Mitra Kukar tersebut tidak muda lagi, 32 tahun.

Asisten pelatih Persib Bandung, Fernando Soler mangatakan perekrutan In Kyun sesuai kebutuhan Persib. Tim Maung Bandung, disebut Soler belum memiliki pemain berposisi sebagai gelandang serang serta second striker atau penyerang lubang.

Nah, In Kyun dianggap mampu bermain sama baiknya pada dua posisi tersebut untuk Persib. "Bisa kita lihat dipermainannya dulu main di second striker dia bagus, bisa ball possession, bisa kasih bola, punya individual bagus dan tendangan bebas," kata Soler.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Keunggulan

Oh Inkyun saat masih membela Mitra Kukar. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

In Kyun sendiri memiliki beberapa keunggulan lain terutama saat mengambil bola mati atau set piece. Tidak jarang dari tendangan bebasnya mampu membantu timnya meraih kemenangan.

"Kemarin kita sudah lihat, kondisi dia, kemampuan dia di tim lain bagus. Kita kontak sama agen dia bagaimana dan kita juga kontak sama manajer bagaimana dengan pemain ini," Soler melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Soler Optimistis

Oh Inkyun saat masih membela Gresik United. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Soler optimistis In Kyun bisa segera menyatu dengan rekan-rekannya meski baru bergabung selama satu hari. Proses adaptasi diprediksi tidak akan berjalan lama lantaran sang pemain telah lama berkiprah di sepakbola Indonesia.

"Kita lihat kualitas dia dan bisa bantu tim. Oke kita putuskan pilih dia," kata dia.

In Kyun didatangkan Persib untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Shohei Matsunaga dan Raphael Maitimo. Gelandang berusia 32 tahun itu mendapat kontrak berdurasi satu tahun dari manajemen Maung Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.