Sukses

Skenario Juara Liga 1, Siapa Paling Favorit?

Secara matematis, Bhayangkara FC dan Bali United FC menjadi kandidat utama juara Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya persaingan MotoGP 2017, penentuan gelar juara Liga 1 2017 juga harus ditentukan hingga pekan terakhir. Itu karena ada beberapa tim yang secara matematis masih berpeluang mengangkat trofi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

Jika melihat situasi di klasemen Liga 1 2017, Bali United yang tengah memimpin perburuan gelar. Tambahan tiga poin usai menang 1-0 atas PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Senin (6/11/2017), membawa mereka ke puncak klasemen.

Bertenggernya Bali United dalam perburuan gelar Liga 1 dicapai setelah merangkai 20 kemenangan, lima hasil imbang, dan delapan kali kalah dari 33 pertandingan.

Namun, posisi Bali United juga tak benar-benar aman. Itu karena Bhayangkara FC mampu menempel ketat dari urutan kedua. Bahkan, anak asuh Simon McMenemy memiliki pertandingan lebih banyak dari Bali United, yakni dua laga.

Masalahnya, jika melihat kualitas lawan, rintangan yang harus dilewati Bhayangkara jauh lebih sulit. Itu karena dua lawan yang akan dihadapi tim berjuluk The Guardian tersebut merupakan penghuni enam besar klasemen.

Pertama, mereka akan melawat ke markas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (8/11/2017). Madura United jelas tak ingin meraih hasil negatif. Selain tampil di kandang, secara matematis mereka juga masih berpeluang menjadi juara.

Saat ini tim besutan Mario Gomes de Oliveira menempati urutan keempat klasemen dengan koleksi 60 poin. Dalam situasi itu, Madura United mau tak mau harus memenangkan dua laga tersisa sambil berharap Bali United terpeleset di laga terakhir.

Usai melawan Madura United, Bhayangkara FC kemudian bertemu Persija Jakarta. Sedangkan Madura United menghadapi tantangan PSM, penghuni urutan ketiga yang secara matematis sudah tak memiliki peluang juara. Berbeda dengan Bali United yang hanya akan menjamu Persegres Gresik United di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada laga pamungkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skenario

Bali United juara jika...

1. Menang atas Persegres dan Bhayangkara sekali kalah dalam dua laga tersisa.

2. Imbang lawan Persegres dan Bhayangkara tertahan dalam dua laga tersisa.

3. Kalah dari Persegres, Bhayangkara ditahan Madura United dan kalah dari Persija.

4. Kalah dari Persegres, Bhayangkara juga kalah dari Madura United dan Persija, sedangkan Madura United takluk dari PSM.

Bhayangkara FC juara jika...

1. Menang atas Madura United dan Persija.

2. Kalah dari Madura United, menang atas Persija, Bali United ditahan Persegres. Dan jika Madura United menang di laga terakhir, penentuan akan dilakukan lewat head to head.

3. Ditahan Madura United dan Persija, Bali United kalah dari Persegres.

Madura United juara jika...

1. Menang atas Bhayangkara FC dan PSM, Bali United kalah dari Persegres. Jika Bhayangkara juga mengoleksi 66 poin berkat kemenangan atas Persija, Madura United akan dipilih karena unggul head to head.

2. Menang atas Bhayangkara FC dan PSM, Bali United kalah dari Persegres dan Bhayangkara dari Persija.

3 dari 3 halaman

Sisa Jadwal 3 Kandidat Juara

08/11/2017: Madura United vs Bhayangkara FC

10/11/2017: Bhayangkara FC vs Persija

12/11/2017: PSM vs Madura United

12/11/2017: Bali United vs Persegres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini