Sukses

Tendangan Kalajengking Giroud Kandidat Gol Terbaik FIFA

Giroud mencetak gol indah untuk Arsenal pada musim lalu.

Liputan6.com, London - Nama striker Arsenal, Olivier Giroud, masuk dalam nominasi gol terbaik FIFA atau Puskas Award. Gol yang disebut sebagai tendangan kalajengking itu terjadi ketika Arsenal menghadapi Crystal Palace musim lalu dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris.

Seperti dilansir situs FIFA, Giroud mencetak gol dengan sentuhan akrobatik lewat tumit kaki kirinya, setelah menerima umpan silang Alexis Sanchez. Dalam pertandingan yang berlangsung 1 Januari 2017 itu, Giroud membawa The Gunners menang 2-0 atas Palace.

Pemain asal Prancis ini mengakui sedikit beruntung dengan gol indah tersebut. Giroud menyatakan bahwa itu merupakan gol terbaik yang pernah dia ciptakan selama kariernya.

Dia menjadi pemain asal Prancis pertama yang masuk tiga besar gol terbaik FIFA. Giroud bersaing dengan dua nominator lainnya yakni pemain muda putri Venezuela Deyna Castellanos dan kiper Oscarine Masuluke, yang mencetak gol tak kalah indah.

Castellanos merupakan pemain putri kedua Venezuela dalam dua tahun berturut-turut, yang menembus tiga besar. Dia dinominasikan untuk golnya dari wilayah dekat garis tengah lapangan saat melawan Kamerun pada Piala Dunia putri U-17 di Yordania tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Nominator Lain Puskas Award

Pemain 18 tahun itu mengikuti jejak kompatriotnya Daniuska Rodriguez, yang golnya masuk tiga besar tahun lalu. Namun, dia kalah dari tendangan bebas pemain Malaysia Mohd Faiz Subri yang dibukukan dari jarak 35 meter.

Pemain Afrika Selatan Masuluke merupakan kiper pertama serta pemain pertama dari Afrika yang masuk tiga besar untuk sepakan salto menit terakhir spektakulernya untuk Baroka FC saat melawan Orlando Pirates tahun lalu.

Pemenang penghargaan ini, yang dinamai dengan nama almarhum kapten Hungaria Ferenc Puskas, akan diputuskan oleh publik dan diumumkan pada perayaan pemain tahunan FIFA di London pada 23 Oktober nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.