Sukses

Demi Emas SEA Games, Timnas Voli Indonesia Redam Ego

Timnas Voli Putra Indonesia masih menjadi raja di ajang SEA Games.

Liputan6.com, Bogor - Pelatih Timnas Voli Putra Indonesia, Samsul Jais meminta anak asuhnya menyingkirkan ego demi meraih target SEA ames 2017. Mereka ditargetkan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia meraih medali emas di Kuala Lumpur.

Timnas Voli Putra Indonesia merupakan raja di pentas SEA Games. Sejak 1977, Indonesia sudah meraih sembilan medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Namun, pundi-pundi medali emas Timnas Voli Putra Indonesia terhenti sejak SEA Games 2009. Mereka dikalahkan Thailand yang selalu meraiah medali emas di tiga event terakhir SEA Games. Sedangkan Indonesia meraih dua perak dan satu perunggu.

Target medali emas pun menjadi harga mati untuk Timnas Voli Putra Indonesia. Sang pelatih, Samsul Jais meminta anak asuhnya menyingkirkan ego masing-masing.

"Saya membawa 14 pemain, meski yang ada di line up hanya 12 pemain, semuanya berbeda karakter. Tapi saya yakin kami sudah punya kerja sama tim yang bagus," katanya di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Selasa (15/8/2017).

"Kepentingan dan ego pribadi ini kami leburkan demi kepentingan tim. Tim ini satu nakhoda, yakni saya sebagai pelatihnya, berharap mereka terus kompak, baik di dalam atau luar lapangan. Sulit bagi saya kalau mereka tidak mendengarkan instruksi, jangan bermain sendiri-sendri sesuai dengan sistem yang sudah saya terapkan," ujar Samsul menambahkan.

Timnas Voli Putra Indonesia tergabung di Grup B pada SEA Games 2017. Mereka tergabung bersama Filipina, Timor Leste, dan Vietnam.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.