Sukses

Tensi Tinggi, Laga Persib Vs PS TNI Dibantu Teknologi Canggih

Pertandingan Persib melawan PS TNI akan dipimpin wasit asal Australia

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Persib Bandung melawan PS TNI di laga lanjutan Liga 1, Sabtu malam (5/8/2017), di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Kabupaten Bandung, akan dipimpin wasit asal Australia. Menariknya, selain dipimpin wasit asing laga ini juga akan dibantu teknologi.

Perangkat pertandingan asal Australia itu akan menggunakan alat bantu komunikasi khusus yang coba diterapkan di Indonesia. Wasit Evans Shaun Robert serta dua asistennya, Brown Wilson Keneth dan Lankrindis George akan memakai alat komunikasi berupa earphone dan mikrofon tanpa kabel (wireless) untuk menunjang kinerja mereka selama memimpin jalannya pertandingan.

Pada kancah sepak bola internasional penggunaan alat ini sepertinya sudah lazim digunakan sejak beberapa tahun lalu. Namun, untuk level sepa kbola Indonesia, laga Persib versus PS TNI malam nanti adalah yang pertama kali menggunakan alat komunikasi canggih itu.

Karena ini yang perdana, teknologi canggih tersebut akan diuji terlebih dahulu perihal memungkinkan atau tidaknya jaringan yang tersedia di stadion.



Meski begitu, ketiga pengadil asal Negeri Kangguru itu sudah membawa dan mempersiapkannya secara khusus alat komunikasi tersebut untuk dipakai di pertandingan Persib kontra PS TNI, yang merupakan laga perdana dari putaran kedua Liga 1 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laga Tensi Tinggi

Wasit Evans Shaun Robert mengatakan, dirinya sudah terbiasa menggunakan alat bantu untuk berkomunikasi itu pada level internasional dan liga domestik di Australia.

"Kita sudah terbiasa menggunakan alat komunikasi ini pada level kompetisi internasional, Asia dan liga domestik," ungkap Evans, seperti dilansir situs resmi klub.

Dilansir laman resmi federasi tertinggi sepak bola Eropa (UEFA), alat ini pertama kali diuji pada tahun 2006 di babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Mereka sengaja menguji alat ini pada pertandingan dengan tensi tinggi. Laga yang dipilih UEFA untuk uji coba alat ini antara lain, Bayern Munchen kontra AC Milan, PSV Eindhoven vs Olympique Lyon, dan Ajax Amsterdam melawan Inter Milan.

Selain untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya, tujuannya tentu saja untuk meminimalisasi jumlah kesalahan yang lolos dari pengamatan wasit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.