Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Indonesia Berebut Peringkat 3

Indonesia dikalahkan Jepang 0-3 pada semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017.

Liputan6.com, Gresik - Timnas Indonesia gagal melanjutkan kejutan dengan melaju ke final Kejuaraan Voli Asia 2017. Melawan Jepang pada semifinal di GOR Tri Dharma, Gresik, Senin (31/7/2017), Indonesia menyerah 0-3.

Hasil itu membuat Indonesia hanya berpeluang merebut peringkat tiga Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka akan melawan Korea Selatan yang kalah 2-3 dari Kazakhstan. Sedangkan Jepang berhadapan dengan Kazakhstan di final, Selasa (1/8/2017).

Pelatih Samsul Jais kembali memberikan kepercayaan kepada Agung Seganti, Mahfud Nurcahyadi, Rendy Tamamilang, Rivan Nurmulki, dan Aji Maulana sebagai starter serta Delly Dwi Putra sebagai libero.

Jepang yang membuka poin lebih dulu lewat smash keras Yuki Ishikawa. Untungnya, Indonesia bisa menyamakan skor lewat blok tak sempurna Jepang. Tapi, tuan rumah justru kehilangan banyak poin hingga tertinggal 2-6. Selanjutnya, Indonesia justru terpaut tujuh poin saat tertinggal 4-11.

Indonesia masih tertinggal enam poin saat Jepang unggul 14-8. Bahkan, selisih kian melebar menjadi 16-8 untuk keunggulan Jepang. Terus tertekan, Indonesia akhirnya menyerah 17-25 dari Jepang pada set pertama.

Indonesia yang mengenakan kostum hitam-kuning mengawali set kedua dengan cukup baik. Masuknya Dio Zulfikri membawa Indonesia sempat unggul 4-1 atas Jepang. Keunggulan itu mampu dipertahankan Indonesia dengan skor 7-3.

Servis tak sempurna pemain Jepang pun membuat Indonesia unggul 8-3 saat tanda time out pertama dibunyikan. Indonesia masih sanggup menjaga keunggulan 14-9. Ketika time out kedua dibunyikan, Indonesia pun masih unggul 16-12.

Jepang sempat memperkecil ketertinggalan, tapi timnas Indonesia juga menambah poin hingga unggul 23-18. Namun, pemain Indonesia kemudian kehilangan fokus. Mereka membiarkan Jepang menyamakan skor 23-23. Jepang memanfaatkan kondisi itu untuk memastikan kemenangan 26-24 pada set kedua.

Pada set ketiga, Indonesia yang dalam kondisi tertekan mampu menempel poin Jepang. Setidaknya mereka masih sama kuat hingga skor 6-6. Sayang, selanjutnya Indonesia justru dalam kondisi tertinggal. Jepang pun hanya butuh lima poin lagi untuk menang ketika unggul 20-17. Indonesia pun akhirnya menyerah 23-25.

Meski gagal ke final, Indonesia tetap melampaui ekspektasi. Target mereka di Kejuaraan Voli Asia 2017 hanya masuk delapan besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.