Sukses

Kejuaraan Voli Asia: Rivan Sempat Tak Yakin Lolos ke Semifinal

Bagi Indonesia, ini adalah kali pertama mereka bisa melaju ke semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017.

Liputan6.com, Gresik - Mungkin tak akan pernah terlintas dalam pikiran Rivan Nurmulki bisa membawa timnas Indonesia melaju ke semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Bahkan, ia juga mengaku sempat tak yakin bisa menyingkirkan Iran.

Tapi, pesimisme Rivan berubah menjadi sebuah kebanggaan usai timnas Indonesia memastikan tiket semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Apalagi, sukses itu didapat setelah Indonesia mengejutkan Iran lewat kemenangan 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 26-24, 15-11).

Hal itu bisa dimaklumi mengingat tuan rumah berada dalam tekanan Iran pada laga yang dihelat di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/1/2017) itu. Apalagi, sebagian besar poin Iran pada set pertama dan kedua didapat akibat kesalahan para pemain Indonesia.

Namun, secara perlahan Indonesia mampu lepas dari tekanan Iran. Tim besutan Samsul Jais itu pun memanfaatkan goyahnya mental Iran yang goyah akibat perlawanan Indonesia dan tekanan suporter. Hasilnya, set ketiga, keempat, dan kelima menjadi milik Indonesia.

"Awalnya kami gak yakin bisa menang. Tapi kami menjalankan strategi dari pelatih, perlahan bisa membalikkan keadaan," kata Rivan, pemain yang sempat menjadi Most Valuable Player (MVP) Proliga 2016 bersama Surabaya Bhayangkara Samator.

Bagi Indonesia, ini adalah kali pertama mereka bisa melaju ke semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Itu artinya mereka sudah pasti finis di antara empat besar. Prestasi terbaik Indonesia sebelumnya adalah finis di peringkat keenam.

"Suatu kebanggaan bisa membuat sejarah. Apalagi kami tak pernah masuk empat besar. Ini benar-benar membuat bangga," jelas Rivan, pria kelahiran 16 Juli 1995 tersebut. Selanjutnya, Indonesia akan menantang Jepang pada semifinal, Senin (31/7/2017).

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.