Sukses

Pebulu Tangkis Hijab Ini Ingin Jadi Ratu Bulu Tangkis Dunia

Samin Abedkhojasteh ingin seperti Carolina Marin, yang karena prestasinya membuat bulu tangkis dikenal di Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen bulu tangkis Asia Junior Championships 2017 tengah dihelat di Jaya Raya Sports Hall Training Center, Jakarta, pekan ini. Sebanyak 263 pemain dari 22 negara turut ambil bagian dalam ajang ini.

Salah satunya yang tampil di turnamen bulu tangkis ini adalah Samin Abedkhojasteh. Meski sudah kalah di babak pertama, tunggal putri Iran itu ternyata memiliki misi tersendiri.

Ia ingin membawa bulu tangkis bisa bergaung di negaranya. Seperti diketahui, bulu tangkis tidak terlalu populer di Iran.

"Pemain favorit saya adalah Carolina Marin. Saya suka cara bermainnya. Saya juga ingin seperti dia, datang dari Spanyol yang tidak familiar dengan bulu tangkis, tapi karena prestasinya, orang Spanyol mulai kenal bulu tangkis. Saya ingin seperti Marin. Karena di Iran olahraga yang terkenal hanya sepak bola dan gulat," kata Samin di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Samin memulai karier bulu tangkisnya sejak usia enam tahun. Sang bunda yang hobi bermain bulu tangkis sering membawanya latihan ke lapangan. Sejak itu, Samin aktif ikut bertanding membawa nama sekolah, hingga ikut turnamen nasional. Samin pun kini sudah tergabung menjadi pemain nasional Iran.

Kecintaannya pada bulu tangkis membawa Samin mengunjungi banyak negara dan berpartisipasi dalam turnamen. Pengalaman ini dikatakan Samin sangat berharga buat dirinya.

"Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan lewat bulu tangkis. Saya bisa ikut berbagai turnamen di luar negri membawa nama negara. Saya juga bertemu dengan banyak pebulu tangkis hebat dari negara lain," tutur atlet berusia 18 tahun ini.

Saya berterima kasih kepada federasi bulu tangkis Iran yang sudah memberikan kesempatan buat saya bertanding. Saya berharap suatu saat nanti bisa memberikan hasil yang membanggakan untuk federasi saya."

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlatih

Sehari-hari, Samin berlatih setelah jadwal sekolah usai. Latihan berlangsung dua kali, pada siang dan sore hari. Jika libur sekolah, latihan juga diadakan pada siang dan sore hari.

Tahun depan, Samin mulai memasuki universitas. Ia mengatakan masih akan terus aktif bermain bulu tangkis dan mencapai target-target pribadinya. "Targetnya saya ingin mewakili negara di level-level dunia, seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia, dan Kejuaraan Asia," ujarnya.

Samin juga berbagi cerita mengenai bulu tangkis di Iran. Di sana, bulu tangkis hanya memainkan nomor tunggal dan ganda putra-putri, namun tidak ganda campuran. Saat berlatih, atlet putra dan putri pun melakukannya pada sesi yang terpisah.

"Kami juga punya turnamen Iran International Challenge dan hanya memainkan nomor tunggal dan ganda saja, tidak termasuk ganda campuran," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.