Sukses

Ritual Unik Warnai Pelepasan Peserta Ijen Green Run

Sejumlah negara ikut ambil bagian dalam acara Ijen Green Run.

Liputan6.com, Banyuwangi - Banyuwangi Ijen Green Run 2017 telah dibuka Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Minggu 23 Juli 2017. Sebanyak 550 pelari dari dalam mau pun luar negeri beradu cepat menaklukkan lereng Gunung Ijen. Mereka siap berkompetisi untuk jadi yang terbaik.

Ijen Green Run merupakan sport tourism, wisata yang dipadu dengan olahraga. Selain berlari menyusuri kaki Gunung Ijen yang terkenal dengan "blue fire"-nya, mereka juga menikmati tradisi lokal Banyuwangi.

Pelepasan Ijen Green Run didahului dengan ritual unik, minum air dari kendi yang dilakukan perwakilan pelari dari dalam dan luar negeri. Ini simbol agar peserta sehat dan kuat selama berlari.

"Event ini tidak hanya kompetisi olahraga tapi juga sebuah event turisme dimana pelari bisa menikmati pemandangan alam Ijen yang indah di sepanjang lintasan. Selamat berlomba," tutur Anas saat membuka acara.

Sejumlah negara ikut ambil bagian dalam acara Ijen Green Run ini, seperti Jerman, Prancis, Denmark, Jepang, Kenya. Malene asal Denmark, mengaku sangat antusias mengikuti lomba lari lintas alam ini.

Sebelumnya, Malene pernah bekerja menjadi peneliti di Ijen. "Saya sangat senang ikut lomba ini. Pemandangan alam Ijen sangat indah. Tidak hanya ikut kompetisi, tapi saya ingin kembali melihat berbagai pepohonan, hewan dan menikmati udara di alam," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelari Profesional


Sejumlah pelari trail profesional juga turut ambil bagian di kompetisi ini. Salah satunya adalah Ruth Threresia asal Bandung. Ruth merupakan pelari profesional yang merupakan pemenang Ijen Green Run tahun lalu. Tahun ini Ruth mengikuti lomba di lintasan 27 K.

"Rute Ijen green run tahun lalu cenderung mudah untuk ditempuh. Kalau tahun ini menurut saya elevasinya lebih menantang  tapi tetap optimis akan menang lagi,"  ujar Ruth.

Banyuwangi Ijen Green Run 2017 ini start dari rest area Jambu Desa Tamansari, Kecamatan Licin Banyuwangi. Tahun ini terdapat tiga kategori lomba, 5 kilometer, 15 kilometer, dan 27 kilometer. *

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.