Sukses

Bambang Pamungkas Dinobatkan sebagai Ikon Sepak Bola Asia

AFC menobatkan Bambang Pamungkas sebagai ikon sepak bola Asia.

Liputan6.com, Jakarta Bambang Pamungkas dinobatkan sebagai ikon sepak bola edisi minggu pertama Juli 2017. Demikian pengumuman yang disampaikan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), belum lama ini.

AFC, seperti ditulis dalam laman resminya, menilai Bambang Pamungkas adalah pemain Indonesia dengan catatan karier paling mentereng. Penyerang yang akrab disapa Bepe itu, merupakan pemain dengan penampilan dan pencetak gol terbanyak bersama tim nasional Indonesia.

Bepe sudah membela tim Garuda sebanyak 85 kali dan telah mencetak 37 gol. Prestasi lainnya dia merupakan salah satu atlet pembawa bendera Olimpiade London 2012 mewakili Indonesia.

Di kancah regional, Bepe diingat sebagai pencetak gol terbanyak Piala AFF 2002 dengan dengan 8 gol. Total, dia sudah membuat 12 gol di Piala AFF dan menjadikannya sebagai pembuat gol terbanyak kelima sepanjang sejarah kompetisi itu bersama legenda Thailand Kiatisuk Senamuang.

Di tingkat internasional, Bambang Pamungkas hampir saja membawa Indonesia untuk pertama kalinya lolos dari babak grup Piala Asia AFC 2007 yang digelar di Jakarta.

Sayang, usai mengalahkan Bahrain, Indonesia tidak lolos ke babak selanjutnya setelah kalah di dua laga berikutnya melawan Arab Saudi dan Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Penting

Pesepak bola kelahiran Semarang ini juga dianggap sebagai pemain paling penting dalam sejarah klub Persija Jakarta, dengan mencetak lebih dari 150 gol untuk tim Macan Kemayoran. Ini dibuat lebih dari 300 penampilan.

Sepanjang kiprahnya di sepak bola, Bepe sudah membela empat tim dalam dan luar negeri, yaitu Persija Jakarta, EHC Norad (Belanda), Selangor FA (Malaysia) dan Pelita Bandung Raya.

Persija Jakarta adalah klub profesional pertamanya di pentas tertinggi nasional. Meski sempat berpindah-pindah tim, di usianya yang menginjak 37 tahun, Bepe kembali ke Persija dan saat ini berkompetisi di liga teratas Indonesia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.