Sukses

Timnas Indonesia Enggan Terbebani di Piala AFF U-15

Gelar juara di Vietnam membuat ekspektasi masyarakat terhadap timnas Indonesia U-16 meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Tampil sebagai juara di turnamen Tieng Phong Plastic Cup di Vietnam, harapan masyarakat terhadap timnas Indonesia U-16 pun semakin membesar. Di Piala AFF U-15 2017, tim besutan Fachry Husaini tersebut diharapkan bisa membawa pulang gelar.

Hanya tinggal beberapa hari lagi timnas Indonesia U-16 bakal berlaga di Piala AFF U-15 2017. Mereka akan bersaing di Grup A bersama Myanmar, Australia, tuan rumah Thailand, Laos, dan Singapura.

Karenanya, persiapan timnas Indonesia U-16 pun sudah memasuki tahap akhir. Laga melawan Bina Mutiara U-16 dan Askot Persija Pusat U-16 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Selasa (4/7/2017), menjadi uji coba terakhir yang mereka jalani.

Jika berjalan sesuai rencana, timnas Indonesia U-16 akan bertolak ke Thailand pada Jumat (7/7/2017). Saat ditanya mengenai ekspektasi tinggi masyarakat terhadap timnas Indonesia U-16, Fachry memastikan bahwa hal tersebut tak jadi beban.

"Itu hal yang wajar," katanya saat ditemui Liputan6.com, Senin (3/7/2017). 

"Saya sampaikan kepada pemain bahwa harapan tinggi masyarakat kepada timnas itu wajar. Masyarakat kan butuh prestasi, mereka sudah tak melihat lagi apakah itu junior atau senior. Wajar jika mereka menaruh harapan besar. Tapi saya sudah sampaikan bahwa harapan itu jangan sampai membebani kita," kata Fachry menambahkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rindu Gelar

Timnas Indonesia memang sudah lama tidak meraih gelar bergengsi, baik di level junior maupun senior. Gelar terakhir untuk level kelompok umur yang berhasil dipersembahkan adalah ketika timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19, 2013.

Kala itu, timnas Indonesia U-19 diperkuat sosok yang kini menjadi pemain-pemain top. Sebut saja Evan Dimas, Muhammad Hargianto, dan Paulo Sitanggang. Di level senior, Indonesia terakhir kali merasakan gelar juara saat merebut emas di SEA Games 1991.

"Dan saya juga tak ingin anak-anak terbebani. Bagi saya, tidak ada yang perlu dirisaukan terhadap beban yang diharapkan kepada kami. Ini wujud kecintaaan masyarakat kepada timnas," beber Fachry.

Modal timnas Indonesia U-16 menuju Piala AFF U-15 2017 terbilang cukup bagus. Itu karena mereka tampil sebagai juara turnamen Tieng Phong Plastic Cup di Vietnam.

Sukses itu didapat setelah menang 4-1 atas Myanmar, menahan tuan rumah Vietnam 1-1, dan menghajar Taiwan 11-0. Di laga uji coba internasional, mereka sempat memecundangi Singapura empat gol tanpa balas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini