Sukses

2 Pemain Ajax Bisa Patahkan Rekor Van Persie di Final Liga Europa

Ajax menghadapi MU di Friends Arena, Stockholm, Rabu (24/5/2017) atau Kamis dini hari WIB pada ajang final Liga Europa.

Liputan6.com, Stockholm - Ajax Amsterdam bakal menghadapi Manchester United (MU) di Friends Arena, Stockholm, Rabu (24/5/2017) atau Kamis dini hari WIB pada ajang final Liga Europa. Dua wonderkid Ajax, Matthijs de Ligt dan Justin Kluivert bisa mematahkan rekor Robin van Persie.

Van Persie merupakan pemain termuda yang pernah tampil di final Liga Europa hingga saat ini. Ketika tampil di partai final Liga Europa 2002, Van Persie masih memperkuat Feyenoord.

Dia membawa timnya itu menjuarai Liga Europa setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 3-2. Ketika bermain di partai final Liga Europa, usia mantan striker MU itu, yakni 18 tahun dan 275 hari.

Rekor itu bakal segera pecah oleh De Ligt dan Kluivert. Usia keduanya masih di bawah Van Persie ketika memcahkan rekor pemain termuda yang bermain di Liga Europa.

Saat ini, usia De Ligt, yakni 17 tahun dan 285 hari. Sedangkan Kluivert masih 18 tahun 19 hari. Keduanya merupakan pemain andalan Ajax sepanjang musim ini. Kemungkinan besar keduanya bermain di final Liga Europa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik Pemain Muda Ajax

Pada musim ini, De Ligt merupakan bek muda andalan Ajax. Dia tercatat sudah bermain dalam delapan pertandingan di Liga Europa musim ini, tujuh di antaranya bermain penuh.

Di lini pertahanan, dia telah melakukan 59 clearances, 15 intersep, dan lima blok. Dengan postur 188 cm, De Ligt sangat handal dalam duel udara. Dia memenangkan 24 dari 41 duel udara dengan lawan dengan tingkat keberhasilan sebesar 59 persen.

Sementara itu, Kluivert, anak dari striker legendaris Timnas Belanda, Patrick Kluivert juga tampil menonjol di lini depan Ajax musim ini. Dia sudah menyumbang satu assists dari enam pertandingan Liga Europa musim ini.

Justin Kluivert

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.