Sukses

MotoGP: Strategi Ban Yamaha Bermasalah

Kedua pembalap Yamaha kesulitan akhir pekan lalu di MotoGP Spanyol.

Liputan6.com, London - Kegagalan Valentino Rossi dan Maverick Vinales meraih podium diprediksi bakal terulang jika para mekanik gagal memperhitungkan kondisi ban yang akan digunakan selama balapan. Seperti yang terjadi saat menjalani balapan seri keempat MotoGP Jerez, akhir pekan lalu.

Perbedaan yang sangat mencolok adalah ketika pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco mampu tampil agresif dan bersaing dengan sejumlah joki hebat lainnya seperti Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo.

Ini membuktikan bahwa manajemen ban yang dilakukan tim Yamaha Tech 3 dianggap berhasil ketimbang tim Rossi dan Vinales. Artinya, jika ini terus terulang kemungkinan The Doctor maupun Top Gun bakal mengalami kesulitan untuk mengatasi balapan seri MotoGP berikutnya.

"Mereka mengalami kesulitan, dan tidak ada yang bisa membayangkan jika itu terjadi di Jerez. Terutama jika kita mengacu pada penampilan Johann Zarco," jelas pengamat MotoGP Carlo Pernat seperti dikutip dari GPOne, Kamis (11/5/2017).

"Ini masalah ban, tapi itu tanggung jawab para mekanaik, terutama setelah dua tahun pengalaman dengan Michelin. Menurut saya, apa yang terjadi kemarin akan terjadi lagi jika motornya tidak bisa disesuaikan dengan ban," lanjut Pernat.



(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.