Sukses

MotoGP Qatar: Waspadai Lampu Silau Sirkuit Losail

Komisi Keselamatan MotoGP akan mengubah peraturan tentang balapan seri pembuka jika ada kesepakatan dari pembalap.

Liputan6.com, Losail - Lampu start Sirkuit Losail, Qatar akan segera menyala Senin (27/3/2017) dini hari WIB. Di tengah kesiapan para penunggang kuda besi, sirkus MotoGP justru dihantui dengan kondisi cuaca di sana. Maklum saja, dari prakiraan cuaca menyebut jika balapan seri pembuka bakal diguyur hujan.

Badan Meteorogi Qatar belum lama ini menjelaskan bahwa negara yang dikenal sebagai penghasil gas terbanyak di dunia itu sedang memasuki musim penghujan. Sehingga ada beberapa kekhawatiran yang timbul dari para pembalap.

Karena itu, Komisi Keselamatan MotoGP akan mengubah peraturan tentang balapan seri pembuka jika ada kesepakatan dari pembalap. Pasalnya, balapan akan sangat berisiko jika hujan benar-benar turun mengingat pantulan cahaya dari lampu sorot di Sirkuit Losail akan menyilaukan pandangan pembalap selama mengaspal di sana.

Belum lagi butiran pasir yang bisa membahaya keselamatan pembalap. Apa yang ditakutkan sepertinya benar-benar terjadi, sebab Komisi Keselamatan dan Dorna Sports akhirnya membatalkan sesi latihan keempat dan kualifikasi setelah hujan deras disertai petir mengganggu jalannya ritual jelang balapan seri pembuka MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanti Pemenang Baru di Losail

Terlepas dari kekhawatiran yang menggelayuti pikiran pembalap. Tapi mereka telah menyelesaikan serangkaian sesi latihan bebas di Sirkuit Losail. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pembalap yang secara konsisten mampu menjaga catatan terbaiknya.

Berarti persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 benar-benar menarik untuk disaksikan. Hanya ada empat pembalap yang kemungkinan bisa berjuang memperebutkan podium nanti, yakni Maverick Vinales, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.

Penempatan Vinales cukup beralasan mengingat pada sesi latihan pertama dan ketiga dia tampil sebagai yang tercepat. Keberhasilan itulah yang menempatkannya berada di posisi terdepan saat balapan berlangsung. Tapi ini masih sebatas tes dan bukan balapan yang sebenarnya. Karena perlu diketahui kalau pembalap anyar Yamaha itu belum punya catatan bagus di Sirkuit Losail.

Hanya tim Ducati yang punya rekor mentereng di Losail. Dalam dua musim terakhir, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone mampu berdiri di podium. Sekarang tim berseragam merah itu dapat memperkuat identitasnya sebagai penguasa di Qatar setelah kedatangan Lorenzo.

Lorenzo diketahui sudah mengumpulkan enam kemenangan selama mengaspal di Losail. Tapi ada satu masalah yang masih mengganjal yakni dirinya belum mengenal betul karakteristik motor Desmocedici GP17.

Kita lihat saja apakah Lorenzo mampu menggarisbawahi namanya sebagai penguasa Losail atau ada pemenang baru yang akan muncul di balapan perdana MotoGP tahun ini? (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini