Sukses

Sinar Veteran Jaga Momentum Kebangkitan MU

Ibrahimovic dan Carrick bantu MU raih enam kemenangan beruntun.

Liputan6.com, Manchester - Ketergantungan Manchester United (MU) terhadap pemain veteran musim ini terbilang tinggi. Tanpa Zlatan Ibrahimovic dan Michael Carrick, MU akan kesulitan menjaga momentum.

Sama-sama berusia 35 tahun, kedua pemain memainkan peran penting saat MU menaklukkan West Ham United 2-0 di London Stadium. Kemenangan itu menjaga peluang merebut mereka tiket Liga Champions musim depan. Saat ini The Red Devils mengoleksi 39 angka di 20 pertandingan, hanya tertinggal satu nilai di belakang penghuni urutan keempat Arsenal yang mengantongi tabungan satu laga.

Kontribusi Ibrahimovic bagi kebangkitan MU terlihat di papan skor. Dengan merobek gawang West Ham, dini hari tadi WIB, striker asal Swedia tersebut rata-rata menyumbang satu gol pada sembilan penampilan terakhir Liga Inggris. Total Ibrahimovic sudah menciptakan 13 gol, satu angka di belakang pimpinan daftar top skor Diego Costa (Chelsea).

Gol Ibrahimovic pada periode itu sangat penting. Tanpa sumbangsihnya, MU tidak bakal menumbangkan Swansea City, Crystal Palace, dan West Bromwich Albion. The Red Devils juga menghindari kekalahan dari West Ham (kandang) dan Everton berkat gol mantan bomber Juventus itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Carrick Jimat Keberuntungan

Sekilas, peran Carrick tidak sebesar Ibrahimovic. Namun, kehadirannya di lapangan membuat permainan The Red Devils lebih hidup. Terbukti, MU tidak pernah kalah ketika mantan punggawa Tottenham Hotspur itu merumput musim  ini.
 
Di liga, MU memenangkan tujuh dari sembilan partai ketika Carrick bermain. Juara Inggris 20 kali tersebut menumbangkan Leicester City, Swansea, Tottenham, Palace, West Bromwich, Sunderland, dan West Ham. Cuma Arsenal dan Everton sukses mencuri satu angka.

Kinerja MU menurun drastis ketika Carrick berhalangan. Mereka cuma memetik empat hasil positif di 11 laga. Carrick juga bisa menambal pertahanan ketika dibutuhkan. Dia bermain sebagai bek tengah di awal babak kedua duel melawan West Ham ketika MU mencari gol kemenangan.

Tugas Carrick bukan sekedar mengalirkan bola. Keberadaannya membantu Paul Pogba dan Ander Herrera mengeluarkan kemampuan terbaik. "Carrick memberikan Herrera dan Pogba kesempatan bermain jauh ke depan," kata mantan gelandang MU Ray Wilkins kepada talkSPORT.

3 dari 3 halaman

Pemain Lain Juga Penting

Meski begitu, Mourinho juga memuji penampilan Juan Mata dan Marcus Rashford. Dia mengatakan bahwa kedua pemain itu, mampu membuat perbedaan untuk MU.

"Selamat kepada semua pemain di lapangan. Saya sedikit kecewa dengan beberapa kesalahan, beberapa keputusan buruk, tapi itu karena khas pemain yang kelelahan. Tidak ada keajaiban," katanya.

"Itu adalah pertanyaan dari memindahkan bola, menemukan ruang dan mempercepat permainan. Mata, Rashford membawa intensitas permainan, dan saya juga memiliki [Anthony] Martial," imbuhnya.

Sebelumnya, Mourinho sempat melontarkan kritikan kepemimpinan wasit. Pelatih asal Portugal ini menggambarkan MU sebagai pemenang dari keputusan yang salah.

(Harley Ikhsan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Zlatan Ibrahimovic adalah pemain sepakbola berkebangsaan Swedia, ia kini bermain untuk Manchester United
    Zlatan Ibrahimovic adalah pemain sepakbola berkebangsaan Swedia, ia kini bermain untuk Manchester United

    Zlatan Ibrahimovic

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Formasi

Video Terkini