Sukses

Liverpool Kuasai Klasemen, Apa Kunci Sukses Mereka?

Tak hanya memuncaki klasemen Liga Inggris, Liverpool juga melaju ke perempat final Piala Liga.

Liputan6.com, Liverpool - Setelah sekian lama, fans Liverpool akhirnya bisa kembali melihat tim kesayangan mereka bertengger di puncak klasemen Liga Inggris. Sukses itu didapat The Reds di pekan ke-11 musim 2016/2017 setelah mereka mempermalukan Watford 6-1.

Sosok yang layak dipuji atas pencapaian Liverpool ini tentu saja Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu sukses membuat Liverpool bermain atraktif hingga lawan kewalahan menghadapi permainan cepat mereka. Tengok saja catatan yang mereka ukir di musim ini.

Liverpool menjadi tim yang paling produktif hingga pekan ke-11 dengan torehan 30 gol. Dari 11 laga, mereka juga merangkai delapan kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya satu kali kalah.

"Latihan kami memfokuskan pada taktik. Saya lupa kapan terakhir kali kami berlatih lima lawan lima. Dalam latihan sehari setelah pertandingan, para pemain yang tak mendapat kesempatan akan berlath empat lawan empat," tutur Daniel Sturridge, penyerang Liverpool.

Dia menambahkan, "Kami juga berlatih sesi tendangan ke gawang. Namun, ada banyak sesi lainnya yang menekankan pada akurasi operan. Anda harus fokus. Anda tak ingin menjadi orang yang mengacaukan itu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Absen di Eropa

Sturridge juga bicara soal absennya Liverpool di kompetisi Eropa telah menjadi sebuah keuntungan. Saat tim-tim lain memiliki agenda untuk bermain di tengah pekan, Liverpool justru menghabiskan waktu untuk berlatih keras.

Pelatih kepala Liverpool, Jurgen Klopp. (AFP/Glyn Kirk)

"Dalam sepak bola, mungkin tak ada klub yang melakukan sesi latihan ganda sepanjang musim. Namun, kita memiliki kesempatan untuk melakukannya dengan absennya kami di Eropa. Sesi pertama biasanya hanya menjadi jembatan untuk sesi selanjutnya. Ini lebih santai. Untuk sesi kedua akan lebih intens," kata Sturridge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.