Sukses

Cinta 2 Arah Ronaldo dan Real Madrid

Selain perpanjangan kontrak, upah Ronaldo di Madrid juga ditingkatkan.

Liputan6.com, Madrid - Baru-baru ini jagat sepak bola dunia dikejutkan dengan kabar keputusan Real Madrid untuk memperpanjang kontrak Cristiano Ronaldo hingga 2021. Artinya, Ronaldo akan terus berseragam Los Blancos hingga usia 36 tahun.

Keputusan itu juga menjelaskan bahwa Madrid tak ingin berpisah dengan pemain kelahiran 5 Februari 1985. Hal itu bisa dimaklumi mengingat Ronaldo sudah memberikan banyak kontribusi buat klub yang bermarkas di Estadio Santiago Bernabeu tersebut.

Pemain asal Portugal itu didatangkan Madrid setelah direkrut dari Manchester United pada musim panas 2009 dengan biaya 94 juta euro. Jumlah itu sempat membuat Ronaldo menjadi pemain termahal di dunia sebelum akhirnya dipecahkan Gareth Bale lalu Paul Pogba.

Selain untuk menghadapi kekuatan Barcelona, tujuan El Real menghadirkan Ronaldo tentu karena mereka rindu gelar Liga Champions. Kala itu, terakhir kali Madrid menjuarai Liga Champions pada musim 2001/2002.

Cristiano Ronaldo saat baru diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid. (Daily Mail)

Setelah itu, Madrid sempat terkena kutukan karena selalu terhenti di perdelapan final pada musim 2004/2005-2008/2009. Di musim perdana Ronaldo, kutukan itu masih belum bisa dihilangkan. Tapi, setelah musim tersebut, Madrid menjadi tim yang konsisten mencapai semifinal hingga musim 2015/2016.

Kesuksan itu tak lepas dari peran Ronaldo. Pemain yang akrab CR7 itu selalu memanjakan mata para pendukung Madrid lewat kreativitas dan gelontoran golnya. Hingga kini, ia sudah mengoleksi 371 gol dan 119 assist hanya dari 360 pertandingan.

Tak heran jika kini namanya ada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa. Bicara gelar, sudah delapan yang disumbangkan mantan kekasih Irina Shayk tersebut. Paling prestisius adalah dua gelar Liga Champions pada musim 2013/2014 dan 2015/2016.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dengan trofi Liga Champions (Reuters)

Kini, usia Ronaldo sudah 31 tahun. Untuk ukuran pesepak bola, itu sudah masuk dalam usia senja. Artinya, Ronaldo akan segera memikirkan masa pensiunnya. Ia pun sempat mendapat tawaran dari Sporting Lisbon, klub pertamanya, untuk bermain di sana hingga pensiun. Namun, Ronaldo menolaknya karena lebih ingin pensiun di Madrid.

"Ini merupakan sebuah keuntungan di mana semua orang memberikan cinta mereka dan saya berusaha beruntung presiden (Sporting) ingin saya pensiun di sana. Tapi, saya ingin pensun di Madrid karena ini adalah klub tempat saya jatuh hati," kata Ronaldo, 15 September 2016.

Mulai Menurun

Di musim ini, Ronaldo tengah mendapatkan sorotan akibat performa buruknya di semua kompetisi. Usai kembali dari cedera kala membawa Timnas Portugal menjuarai Piala Eropa 2016, Ronaldo seakan kehilangan sentuhannya.

Baru tujuh gol yang bisa dilesakkan pemain yang dinaungi agen Jorge Mendes tersebut. Untuk ukuran pemain sekaliber Ronaldo, itu bukan jumlah yang memenuhi harapan klub dan fans. Namun, Madrid tak memperdulikan hal itu.

Mereka seakan menjawab cinta tulus Ronaldo yang ingin pensiun di Bernabeu. Jawaban mereka diberikan lewat perpanjangan kontrak hingga 2021. Bahkan, mereka juga dilaporkan meningkatkan gaji Ronaldo hingga 500.000 pounds atau setara Rp 8,1 miliar per pekan.

Cristiano Ronaldo bersama Florentino Perez dan Dolores (AP Photo/Paul White)

"Cristiano Ronaldo menandatangani perpanjangan kontrak dengan Real Madrid di Ruang Dewan Santiago Bernabeu didampingi Presiden Florentino Perez. Pemain Portugal ini terikat kontrak dengan klub hingga 30 Juni 2021. Setelah penandantangan kontrak, ia menerima replika dari Puerta de Alcala dan jersey dengan namanya serta 2021 di bagian belakang," tulis pernyataan Madrid, Senin (7/11/2016).

Kesepakatan itu menjadi bukti bahwa Ronaldo dan Madrid saling membutuhkan. Namun, ia masih memiliki hasrat yang terpendam lainnya. Ronaldo ingin bermain hingga 10 tahun ke depan. Itu berarti Madrid harus kembali memikirkan terkait perpanjangan kontrak sebelum 2021.

"Saya akan ada di sini selama lima tahun ke depan, tapi ini tidak akan menjadi kontrak terakhir saya. Saya mengatakan berulang kali bahwa klub ini ada di dalam hati saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.