Sukses

Mengenang 3 Pertemuan Paling Sengit antara Indonesia Vs Vietnam

Indonesia pernah menang 3-0 atas Vietnam di ajang Tiger Cup 2004.

Liputan6.com, Sleman - Tim nasional Indonesia bakal menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman Minggu (9/10/2016), sore WIB. Laga ini dalam rangka persiapan sebelum tim Garuda dan The Golden Stars berlaga di Piala AFF 2016, 19 November-17 Desember mendatang.

Indonesia saat ini masih unggul rekor pertemuan ketika berhadapan dengan Vietnam. Tercatat kedua negara sudah bertemu sebanyak 20 kali. Boaz Salossa dan kawan-kawan meraih delapan kemenangan, delapan kali imbang dan empat kali menelan kekalahan.

Sayangnya, dalam empat pertandingan terakhir, laga antara Indonesia melawan Vietnam selalu berakhir tanpa pemenang. Terakhir, Vietnam menahan imbang Indonesia dengan skor 2-2 di Hanoi pada ajang Piala AFF 2014.

Terkait itu, Liputan6.com telah merangkum tiga laga paling seru antara Indonesia melawan Vietnam. Berikut ulasannya:



1. Indonesia vs Vietnam 1-0 (Sea Games 1991)

Indonesia dan Vietnam pernah bertemu di ajang Sea Games 1991. Kedua negara tergabung di Grup B dan bertemu pada pertandingan kedua.

Bertanding di Rizal Memorial Stadium Manila, Indonesia menang 1-0. Gol kemenangan Tim Merah Putih diciptakan oleh mantan bek Persib Bandung, Robby Darwis.

Indonesia sendiri pada akhirnya sukses menggondol medali emas usai mengalahkan Thailand dengan skor akhir 4-3 melalui drama adu penalti.



2. Vietnam vs Indonesia 0-3 (Tiger Cup 2004)

Indonesia bertemu dengan Vietnam di babak penyisihan Piala Tiger 2004. Pada laga ini, Timnas Merah Putih mampu menaklukkan Vietnam dengan skor akhir 3-0.

Gol kemenangan Indonesia yang dicetak Mohammad Mauly Lessy, Boaz Salossa, dan Ilham Jayakusuma. Hasil ini menjadi kemenangan terbesar Indonesia ketika berhadapan dengan Vietnam.

Pada ajang ini Indonesia mampu melaju hingga ke babak semifinal sebelum dikalahkan dengan agregat 5-3 dari Malaysia. Sementara Vietnam gagal lolos dari fase Grup A setelah finis diperingkat ketiga.

3. Vietnam vs Indonesia 2-2 (Piala AFF 2014)

Vietnam dan Indonesia kembali tergabung dalam satu grup di ajang Piala AFF. Kali ini, kedua negara tergabung di Grup A.

Laga ini menjadi yang paling seru karena kedua negara saling berbalas gol. Vietnam mampu mencetak gol terlebih dulu lewat Que Ngoc Hai pada menit ke-11, namun Zulham Zamrun menyamakan lewat golnya pada menit ke-33.

Le Chong Vinh kembali membuat The Golden Stars unggul setelah mencetak gol pada menit ke-68. Akan tetapi, Samsul Arif mampu menyamakannya di menit ke-84. (Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini