Sukses

Profil Ichsan Kurniawan: Makin Cemerlang Jadi Gelandang Serang

Ichsan Kurniawan bintang muda Sriwijaya FC siap bersinar lawan Semen Padang.

Liputan6.com, Jakarta - Ichsan Kurniawan kini menjadi pemain muda paling bersinar di skuat Sriwijaya FC Palembang. Bakatnya bahkan layak disejajarkan dengan bintang muda lainnya seperti Evan Dimas Darmono, Ferinando Pahabol hingga Abrizal Umanailo.

Ichsan sendiri merupakan produk asli binaan akademi Sriwijaya FC. Kehebatannya sudah teruji ketika membawa Sriwijaya FC U-21 menjuarai Indonesia Super League U-21 pada musim 2013. Usai mempersembahkan trofi bersama Sriwijaya Muda, Ichsan naik pangkat ke level senior pada tahun 2013.

Namun sebelum membicarakan kiprah Ichsan di level senior, ada baiknya mencari tahu rahasia di balik kehebatan Ichsan. Ya, mantan pemain timnas U-19 ternyata mengawali karier bukan sebagai gelandang serang melainkan seorang striker.

Adalah pelatih Sriwijaya U-21 kala itu, Subangkit yang mengubah posisi Ichsan dari striker ke gelandang serang. Diyakini, kemampuan penetrasi Ichsan yang di atas rata-rata membuat pemuda asal Sumatera Selatan itu akan lebih berbahaya ketimbang bermain sebagai striker.

Keputusan Subangkit saat itu terbukti tepat. Performa Ichsan kian menanjak ketika menempati posisi di belakang striker. Bahkan di era Widodo Cahyono Putro, Ichsan tetap dipercaya bermain sebagai gelandang serang.


Selevel Pemain Senior

Dia mampu bersinar meski dikelilingi pemain senior seperti Firman utina, Eka Ramdani hingga Muhammad Ridwan. Tak hanya hebat dalam melakukan penetrasi, insting Ichsan dalam mencetak gol juga sangat baik.

Lihat saja pada gelaran Torabika Bhayangkara Cup 2016, Ichsan mampu mencetak gol indah dari luar kotak penalti ketika bermain imbang 2-2 melawan Mitra Kukar. Gol yang langsung dia sambut dengan selebrasi ala bintang Juventus, Paul Pogba.

Ichsan Kurniawan (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Performa menawan Ichsan terus berlanjut pada gelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Sejauh ini pemain kelahiran OKU Timur, Sumsel 25 Desember 1995 ini telah mencetak satu gol dari sembilan pertandingan.

Statistiknya juga sangat apik setelah mampu mengirimkan akurasi umpan mencapai 82 persen dari data yang dilansir oleh laman resmi TSC 2016.

Performa apik Ichsan akan kembali diuji ketika melakoni Derby Sumatera melawan Semen Padang pada pekan ke-10 TSC 2016. Pertandingan yang akan dihelat di Stadion H Agus Salim, Jumat (15/7/2016) malam WIB, Ichsan diharapkan mampu kembali mengeluarkan daya magisnya untuk membantu klub kecintaanya meraih tiga poin.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.