Sukses

Fakta Dortmund Vs Liverpool: Perjalanan 750 Km The Reds

Borussia Dortmund menjamu Liverpool di Signal Iduna Park, Jumat (8/4/2016) dinihari WIB.

Liputan6.com, Dortmund - Borussia Dortmund menjamu Liverpool di Signal Iduna Park, Jumat (8/4/2016) dinihari WIB pada leg pertama Liga Europa babak delapan besar. Perjalanan sejauh 750 km mesti ditempuh The Reds untuk sambangi markas Die Borussen.

Pertandingan ini menjadi laga emosional bagi Jurgen Klopp. Dia adalah mantan pelatih Borussia Dortmund yang saat ini melatih Liverpool. Klopp menangani Dortmund pada 1 Juli 2008 hingga 30 Juni 2015.

Baca Juga

  • Ismed Sofyan Siap Hibur The Jakmania di Trofeo Pesija
  • 5 Kiper Terbaik Liga Inggris Sepanjang Masa
  • Kiper Barcelona Tepis Rumor Gabung ManCity

Ketika masih bersama Dortmund, pelatih asal Jerman itu berhasil mempersembahkan dua gelar Bundesliga, satu Piala DFB Pokal dan dua buah trofi DFL Supercup. Klopp juga mempersembahkan 179 kemenangan dari 318 laga bersama Dortmund.

Klopp datang bersama Liverpool ke Signal Iduna Park dengan modal yang kurang memuaskan. Dalam tiga pertandingan terakhir, The Reds --sebutan Liverpool-- bermain imbang dua kali dan sekali kalah.

Mau tahu data dan fakta menarik lainnya soal Borussia Dortmund melawan Liverpool? Simak di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan fakta Borussia Dortmund kontra Liverpool

Data dan fakta Borussia Dortmund kontra Liverpool:

1. Saat melawan Dortmund, Adam Lallana dan kawan-kawan harus punya tenaga lebih. Sebab, mereka menempuh perjalanan sejauh 750 kilometer untuk sampai di Signal Iduna Park.

Liverpool menempuh perjalanan sejauh 750 kilometer untuk sampai di Signal Iduna Park. (AFP/IAN KINGTON).

2. Dortmund dan Liverpool sudah bertemu tiga kali di kompetisi UEFA. Liverpool dan Dortmund saling mengalahkan dalam dua pertandingan. Satu laga lainnya berakhir imbang.

3. Dortmund sudah 21 kali melawan tim asal Inggris. Die Borussen --sebutan Dortmund-- mengantongi 11 kemenangan, 4 kali imbang dan enam kekalahan. Ketika bermain Signal Iduna Park, Dortmund menang enam kali, imbang tiga kali dan sekali kalah.

4. Dari 34 pertandingan melawan tim asal Jerman, Liverpool mengemas 16 pertandingan, 12 imbang dan enam kekalahan. Sayangnya, catatan The Reds sangat buruk jika bermain di Jerman. Mereka hanya meraih 2 kemenangan, 8 hasil imbang dan menelan 5 kekalahan.

5. Enam dari tujuh pertandingan terakhir Dortmund di Signal Iduna Park pada ajang Liga Europa musim ini berakhir dengan kemenangan. Die Borussen menelan 1 kekalahan ketika menjamu PAOK FC di laga terakhir babak penyisihan grup. Dortmun kalah 0-1.

6. Gelandang Dortmund, Shinji Kagawa pernah tiga kali melawan Liverpool saat masih menjadi pemain Manchester United (2012 hingga 2014). Kagawa belum pernah kalah melawan Liverpool.

Shinji Kagawa. (AFP/Patrik Stollarz)

7. Roberto Firmino merupakan pemain paling berpengalaman Liverpool dalam duel melawan Dortmund. Ketika masih memperkuat Hoffenheim, dia melawan Dortmund sebanyak 10 kali, Firmino berhasil mencetak dua gol. Rekor Firmino melawan Dortmund adalah meraih 3 kemenangan, 2 hasil imbang dan menelan 5 kekalahan.

Roberto Firmino. (AFP/Glyn Kirk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini