Sukses

Taklukkan Semen Padang, Tim PON Kaltim Jaga Asa di Piala Gubernur

Tim PON Kaltim berhasil menang tipis 1-0 atas Semen Padang pada pertandingan penyisihan grup C Piala Gubernur Kaltim 2016.

Liputan6.com, Balikpapan - PON Kaltim berhasil menang tipis 1-0 atas Semen Padang pada pertandingan penyisihan grup C Piala Gubernur Kaltim 2016, Minggu (6/3/2016). Gol tunggal tercipta dari kaki pemain pengganti Rezam Baskoro pada babak kedua.

Semen Padang meski lebih banyak menguasai permainan kesulitan membobol gawang tim PON Kaltim. Kabau Sirah hanya bisa melepaskan dua tendangan ke arah gawang.

Dalam 15 menit pertama, pemain PON Kaltim tak memberi Semen Padang untuk menguasai bola. Namun, sejumlah kesempatan mencetak gol masih diperoleh Semen Padang.

Peluang emas pertama didapat saat Irsyad Maulana memberikan umpan pada striker Tafarel Ellano dan pemain Brasil tersebut langsung melakukan shooting keras ke gawang PON Kaltim. Namun, bola masih meleset dari sisi kiri mistar gawang.

Kendati menguasai pertandingan babak pertama, tak ada satupun tembakan Semen Padang yang mencapai sasaran.

Sebaliknya, PON Kaltim mencoba menekan lawan yang notabene lebih kuat. Para pemain muda yang bakal berangkat ke PON Jawa Barat tersebut mengandalkan kecepatan menyerang.

Semen Padang punya peluang usai jeda water break. Sayang, tendangan bebas Irsyad Maulana masih membentur mistar gawang.

Hingga wasit Bahrul Alam meniup peluit tanda jeda turun minum, belum ada gol yang tercipta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Semen Padang banyak melakukan pergantian di babak ini. Riko Simajuntak dan Defri Rizky dimasukkan untuk menarik Irsyad Maulana dan Vendry Mofu.

Masuknya Defri Riski dan Riko Simanjuntak membuat serangan Semen Padang menjadi lebih tajam dan cepat. Namun, penjaga gawang Kabau Sirah malah harus memungut bola karena kebobolan.

Gol tercipta pada menit 70 dari kaki Rezam Baskoro. Pemain PON Kaltim yang baru dimasukkan ini, melakukan solo-run ke area berbahaya dan berhasil mengelabui kiper Mokodompit.

Riko nyaris menyamakan kedudukan andai bisa menyambut bola umpan dari Defri Rizky dengan sempurna. Dalam kepungan tiga pemain PON Kaltim, Defri melepaskan umpan pendek yang tak bisa langsung dieksekusi Riko.

Akhirnya, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Dari data statistik pertandingan, Semen Padang melepaskan lima tendangan ke arah gawang pada babak ini, berbanding satu shooting yang dihasilkan tim PON Kaltim.

Kemenangan ini membuat hitung-hitungan di Grup C makin rumit karena selain Persiba Balikpapan, ada tiga yang memiliki poin sama, yakni Semen Padang, Surabaya United dan PON Kaltim.

Kini, PON Kaltim merangsek ke posisi tiga klasemen di bawah Persiba (6 poin) dan Surabaya United (3 poin).

Susunan Pemain:

Semen Padang (4-4-2): Rivki Mokodompit; Novan Sasongko, Cassio de Jesus, Handi Ramdhan, Satrio Syam; M. Nur Iskandar, Fernando, Rudi, Irsyad; Vendry Mofu, Tarafel

Pra-PON Kaltim (4-3-3): Dwi Yudha; Rahmanto, Nofal, Dwi Cahyo, Derry Rahman; Briyan Caesar, Mukhlis, Fadli Nasir; Rifaldi Bawuo, Abdul Rohim, Rofanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.