Sukses

Mantan Sekjen PBB Bersedia Bantu Prince Ali Pimpin FIFA

Prince Ali bin Al Hussein maju sebagai salah satu kandidat presiden FIFA.

Liputan6.com, Zurich - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan, mendukung pencalonan Prince Ali bin Al Hussein sebagai Presiden FIFA. Bahkan Annan bersedia membantu pria asal Yordania itu mengawasi dan mereformasi induk asosiasi sepak bola dunia tersebut.

Seperti dilansir nbcsports.com, Annan bersedia ditempatkan di lembaga independen yang bertugas mengawasi FIFA. Dalam kampanye pekan lalu, Ali menyatakan bahwa diplomat asal Ghana itu akan membantu membenahi FIFA dan membantu reformasi di lembaga itu dalam setahun pertama.

Baca Juga

  • Pemain Terbaik Dunia Versi Mourinho
  • Film Aksi 'Ngebut' Lorenzo Saat Juara MotoGP Segera Dirilis
  • 4 Pemain MU yang Pernah Meraih Ballon d'Or

Pernyataan ini juga telah dibenarkan oleh juru bicara Annan, Bijan Farnoudi. "Tuan Annan telah setuju bahwa dalam peristiwa itu, harus ada kesadaran untuk membentuk lembaga pengawas independen di mana Annan bersedia berkecimpung di sana," kata Farnoudi.

Kofi Annan saat berkunjung ke Indonesia

Nama lain yang mendukung kepemimpinan Ali adalah mantan petinggi Liverpool dan anggota dewan NY Cosmos, Rick Perry. Dukungan juga datang dari mantan presiden Meksiko, Ernesto Zedillo.

Pemilihan presiden FIFA akan digelar di Zurich, Swiss, Jumat (26/2/2016). Lima kandidat akan bertarung menjadi orang nomor satu di lembaga super body tersebut. Namun tidak hanya bertumpu pada jumlah suara saja, setiap kandidat juga harus mampu melewati tes antikorupsi demi memastikan masa depan FIFA yang saat ini tengah dilanda berbagai skandal korupsi.

5 Kandidat yang akan bertarung pada pemilihan Presiden FIFA.

Selain Prince Ali, Asia juga memiliki wakil lain, yakni Sheikh Salman dari Bahrain. Sementara satu kandidat lainnya berasal dari Afrika, yakni Tokyo Sexwale (Afrika Selatan). Dua kandidat lagi berasal dari benua Eropa, yakni Gianni Infantino (Swiss) dan Jherome Champagne (Prancis). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini