Sukses

Buffon yang Tak Termakan Usia

Buffon hari ini genap berusia 38 tahun.

Liputan6.com, Jakarta- Hari ini (28/1//2016) kiper Juventus Gianluigi Buffon genap berusia 38 tahun. Di usia hampir kepala empat, Buffon masih prima dan tetap jadi salah satu kiper terbaik di dunia.

Buffon sudah memasang target kapan akan berhenti bermain sepak bola. Pemain nasional Italia itu memastikan bakal gantung sepatu setelah putaran final Piala Dunia 2018.

"Saya akan mencoba untuk bisa main di Piala Dunia selanjutnya. Kemudian mungkin sudah saatnya untuk menutup pintu (pensiun). Itu hampir pasti berada di akhir Piala Dunia 2018," kata Buffon seperti diberitakan Goal.
Buffon Disegani Kawan Maupun Lawan
Buffon akan berjuang mati-matian membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Italia harus berjuang sangat keras untuk lolos ke Rusia. Mereka tergabung di Grup C bersama Spanyol, Albania, Israel, Makedonia dan Liechtenstein.

Bila jadi pensiun tahun 2018, Buffon akan genap berusia 40 tahun. Dia bakal mengikuti jejak kiper legendaris Italia Dino Zoff yang tampil di Piala Dunia 1982 pada usia 40 tahun.

Zoff ketika itu bisa membawa Gli Azzurri jadi juara Piala Dunia 1982. Buffon kini dituntut mengikuti jejak Zoff menjadi juara Piala Dunia 2018.

Peluang Buffon meniru Zoff terbuka lebar. Walau sudah menginjak usia 38 tahun, Buffon masih sangat tangguh di bawah mistar gawang. Dia pemain tidak tergantikan baik di Juventus dan tim nasional Italia.

Penyelamatan gemilang Buffon membantu Juventus musim lalu meraih dua gelar juara sekaligus, Coppa Italia dan Scudetto. Juve juga nyaris merebut treble musim lalu. Buffon dan Juve hanya gagal di final Liga Champions, usai takluk 1-3 dari Barcelona.
Buffon Meratapi Kegagalan di Final Liga Champions
Karier profesional Buffon dimulai bersama Parma. Kekasih Ilaria D'Amico itu melakukan debut di Serie A pada usia 17 tahun bersama Parma. Pada laga perdananya, Buffon sukses menjaga gawang Parma tidak kebobolan walau menghadapi juara bertahan Serie A AC Milan.

Buffon mencuri perhatian di debutnya di Serie A. Buffon melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan peluang pemain top Milan seperti Roberto Baggio, George Weah dan Marco Simone.

Kehebatan Buffon membuatnya perlahan jadi kiper nomor satu Parma. Juventus tertarik dengan Buffon. Pada musim panas 2001, Buffon dibeli Juventus senilai 52 juta euro.

Buffon menjadi kiper termahal di dunia. Juve berani bayar mahal karena butuh kiper tangguh untuk menggantikan Edwin van der Sar.

Keputusan Juve ini terbukti tepat. Buffon telah enam kali merebut Scudetto bersama I Bianconeri. Sayangnya Buffon belum pernah memberikan gelar Liga Champions. Prestasi terbaik Buffon di Liga Champions adalah menjadi finalis pada tahun 2002 dan 2015.
Buffon selalu menghormati fans
Pemain kelahiran Carrara itu juga masih jadi idola anak muda. Banyak fans wanita Juventus tergila-gila pada Buffon. Mantan suami Alena Seredova itu terlihat awet muda meski sudah 38 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini