Sukses

Rekrutan Gagal, Barcelona Kekurangan Pencari Bakat

Hanya ada enam orang pencari bakat dari Barcelona di luar Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona sempat dikenal sebagai salah satu klub Eropa yang memiliki kemampuan unggul mencari bakat-bakat sepak bola. Namun, kemampuan tersebut belakang disebut-sebut mulai melemah, karena bakat-bakat dari luar Spanyol yang direkrut kurang bersinar.
 
Salah satu nama pemain muda rekrutan Barcelona yang dianggap tak bisa bersaing adalah Alen Halilovic. Padahal, sebelumnya Barcelona menggaet Lionel Messi atau Neymar dan mampu mengorbitkan mereka menjadi pemain bintang dari Amerika Selatan.

Eks Direktur Akademi Pencari Bakat Barcelona, Albert Valentin, menyatakan, melemahnya kemampuan Blaugrana merekrut bakat-bakat di luar Spanyol karena kurangnya sumber daya. Valentin menilai, Barcelona perlu menambah staf pencari bakat untuk mendapatkan talenta-talenta hebat di luar negeri.  

"Barcelona tidak punya cukup banyak pencari bakat yang ditempatkan di luar negeri. Ada 30 orang yang berada di Spanyol, tapi hanya enam pencari bakat di luar negeri" ungkap Valentin, seperti dilansir Marca.

Valentin sendiri menyarankan kepada Barcelona untuk menambah pencari bakat untuk mengamati pemain-pemain muda di luar Spanyol. Hal itu penting, karena sekarang klub-klub besar Eropa lainnya pun gencar mencari pemain muda dari luar negeri.

Saat ini, Valentin masih belum memiliki pekerjaan, dia mengaku bukan tak mungkin menerima tawaran Barcelona, tentu bila tim asuhan Luis Enrique itu berminat. "Saya terbuka untuk opsi apapun," ucapnya. (Win/Bog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini