Sukses

Juventus Raup Pemasukan Terbesar di Liga Champions Musim Lalu

Barcelona kalah jauh dari Juventus soal pendapatan total.

Liputan6.com, Jakarta- Juventus boleh saja hanya menjadi runner-up di Liga Champions 2014-2015. Namun I Bianconeri mampu memperoleh total pendapatan dari UEFA yang jauh lebih besar daripada sang juara Barcelona.

Berdasarkan rilis resmi UEFA pada hari Jumat (16/10/2015), Juventus total memperoleh 89 juta euro dari Liga Champions musim lalu. Sedangkan Barcelona mendapat 61 juta euro. Blaugrana unggul tipis saja dari Paris Saint Germain dengan 56.157.000 euro.

Dengan memenangi partai final, Barcelona mendapat 10,5 juta euro. Sedangkan Juventus yang jadi finalis memperoleh 6,5 juta. Juve bisa mengalahkan Barcelona dalam hal pendapatan total karena mereka mendapat pemasukkan dari market pool yang sangat besar.

La Vecchia Signora membawa pulang 58,2 juta euro dari market pool. Untuk urusan market pool Barcelona sendiri cuma kebagian 24,6 juta euro. Market pool dibagikan UEFA berdasarkan nilai pasar televisi di tiap negara peserta.

Juve bisa mendapatkan market pool yang begitu besar karena musim lalu Serie A hanya punya dua wakil di babak utama Liga Champions. Itupun AS Roma harus tersingkir di fase grup. Otomatis jatah market pool untuk Italia mayoritas disedot Juventus.

Liga Spanyol musim lalu menggirim empat wakil ke fase grup. Tiga diantaranya mampu berbicara banyak. Atletico Madrid lolos hingga perempatfinal, Real Madrid tersingkir di semifinal. Situasi ini membuat jatah market pool Barcelona menjadi jauh di bawah Juventus. (Tho/Rco)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

Video Terkini