Sukses

Juara di Rusia, Hamilton Kian Dekat Gelar Juara Dunia

Lewis Hamilton kian kokoh di puncak klasemen dengan poin 302.

Liputan6.com, Sochi - Lewis Hamilton memenangkan ajang Formula GP Rusia di Sochi Autodorm, Minggu (11/10/2015) malam WIB. Pebalap Mercedes itu finis pertama usai menyelesaikan 53 lap dengan waktu satu jam 37 menit 11,024 detik.

Start dari posisi kedua, Hamilton terus menempel rekan setimnya Nico Rosberg yang memimpin balapan. Awal balapan sempat diwarnai insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap Force India Nico Hulkenberg dan Marcus Ericsson dari Sauber-Ferrari.

Pada lap ketiga, safety car masuk lintasan. Setelah safety car keluar lintasan, situasi ini dimanfaatkan Hamilton untuk menyalip Rosberg di posisi terdepan.

Pebalap Mercedes Nico Rosberg sempat memimpin balapan Formula 1 GP Rusia di Sochi Autodrom, Minggu (11/10/2015). (Liputan6.com/REUTERS/Grigory Dukor)

Kesialan menimpa Rosberg di lap kedelapan. Ia tidak bisa melanjutkan balapan karena mobilnya mengalami kerusakan kopling. Hamilton pun nyaman membalap sendiri di depan. Selanjutnya ada Valtteri Bottas, Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel, dan Sergio Perez.

Setelah 20 lap, Vettel naik ke peringkat ketiga di belakang Bottas dan Hamilton. Sepuluh lap kemudian, Hamilton unggul 15,4 detik dari Vettel yang merebut posisi kedua dari Bottas. Keputusan Vettel masuk pit stop pada lap ke-31 membuat Hamilton kian jauh meninggalkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bottas, Raikkonen, dan Perez Bersaing Ketat

Balapan seru melibatkan Bottas, Raikkonen, dan Perez. Perez yang berada di posisi ketiga coba disusul Bottas yang dibuntuti Raikkonen. Tak lama memasuki lap 35, Bottas mampu menyalip Perez yang diikuti Raikkonen. Tapi beberapa tikungan setelah itu, mobil Bottas dan Raikkonen terlibat senggolan. Bottas meluncur keluar dan menabrak dinding lintasan sehingga tak bisa melanjutkan lomba.

Sementara itu, Raikkonen yang sempat melambat akhirnya kembali dilewati Perez yang akhirnya finis di tempat ketiga di belakang Vettel dan Hamilton. Raikkonen pun harus puas finis kelima setelah dibalap Felipe Massa dari tim Williams.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangan dalam ajang Formuma 1 GP Rusia di Sochi Autodrom, Minggu (11/10/2015). (Liputan6.com/ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Dengan kemenangan ini, Hamilton kian kokoh di puncak klasemen dengan poin 302. Dengan empat seri balapan sisa, pebalap asal Inggris kian mendekati gelar Juara Dunia. Hamilton unggul 66 angka dari Vettel yang naik ke posisi kedua. Sementara Rosberg turun ke posisi ketiga dengan poin 229. (Bog/Rco)

Hasil balapan Formula 1 GP Rusia:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 53 laps 1hr 37m 11.024s
2. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +05.9s
3. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +28.9s
4. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +38.8s
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +42.3s
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +47.5s
7. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +56.5s
8. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes +1m 01.0s
9. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1m 19.4s
10. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1m 26.2s

11. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +1m 28.4s
12. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
13. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +1 lap
14. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +1 lap

Tidak Finis

Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault 48 laps compelted
Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault 47 laps completed
Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes 12 laps completed
Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 7 laps completed
Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes 0 laps completed
Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari 0 laps completed

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.