Sukses

Pesta Gol, Inggris Pastikan Lolos ke Euro 2016

Inggris menaklukkan tuan rumah San Marino enam gol tanpa balas.

Liputan6.com, San Marino - Timnas Inggris pesta gol ke gawang tuan rumah San Marino pada laga Grup E kualifikasi Euro 2016, Stadio Olimpico di Serravalle, Sabtu (5/9/2015). The Three Lions mampu menyarangkan enam gol tanpa balas ke gawang San Marino.

Kemenangan ini juga membuat Inggris menjadi negara pertama yang lolos ke Euro 2016 di Prancis. Mereka selalu menang dari tujuh pertandingan yang telah mereka lakoni di Grup E kualifikasi Euro 2016.

Pada menit ke-12, tangan bek San Marino mengenai bola dan Inggris pun mendapat hadiah penalti. Wayne Rooney yang dipercaya menjadi algojo mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Inggris memimpin 1-0 atas San Marino.

Gol Rooney juga mencatatkan dirinya sebagai top scorer Inggris sepanjang sejarah bersama Sir Bobby Charlton. Gol kedua Inggris lahir pada menit ke-30, ketika bek San Marino, Cristian Brolli melakukan gol bunuh diri usai salah mengantisipasti umpan silang Luke Shaw. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Gol di Babak kedua

Baru satu menit babak kedua bergulir, Inggris langsung mencetak gol ketiga mereka ke gawang San Marino. Kali ini, Ross Barkley yang mencatatkan namanya di papan skor usai menyambut dengan tandukkan umpan jeli Alex Oxlade-Chamberlain.

Tertinggal 0-3 dari Inggris, San Marino tetap kesulitan untuk keluar dari tekanan tim tamu. Pada menit ke-68, giliran pemain pengganti, Theo Walcott yang menyarangan bola ke gawang San Marino untuk membuat Inggris unggul 4-0.

Keunggulan empat gol membuat Inggris menurunkan sedikit tempo permainan mereka, kendati tetap mendominasi. Gol kelima The Three Lions pun lahir pada menit ke-77 lewat sepakan chip Harry Kane, yang memanfaatkan umpan Jonjo Shelvey.

Hanya berselang satu menit, gawang San Marino jebol lagi, kali ini Walcott mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Gol Walcott memanfaatkan operan Ross Barkley. Inggris memimpin 6-0 atas San Marino. Skor tersebut bertahan sampai laga usai.

Susunan pemain:

San Marino: A. Simoncini, M. Berardi, C. Brolli, D. Simoncini (Alessandro Della Valle 80), M. Palazzi, M. Battistini, G. Bonini (Luca Tosi 72), N. Chiaruzzi, A. Selva Vardy (Danilo Ezequiel Rinaldi 75), A. Hirsch, M. Vitaioli

Inggris: Hart, Clyne, Jagielka, Stones, Shaw, Barkley, Milner (Fabian Delph 58), Shelvey, Oxlade-Chamberlain (Theo Walcott 67), Rooney (Harry Kane 59), Vardy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.