Sukses

5 Bintang Tua yang Pernah Dibeli MU

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer adalah saat di mana klub-klub merombak skuatnya. Terkadang sejumlah pemain bintang didatangkan untuk mendongkrak prestasi klub di musim berikutnya.

Namun terkadang klub akan kesulitan memutuskan. Apakah mereka akan membeli pemain muda atau pemain berpengalaman?

Dengan pertimbangan usia dan harga sang pemain, klub tentunya tidak ingin dinilai gagal di bursa transfer. Mereka ingin mengoptimalkan harga sang pemain dengan kontribusi yang setara.

Salah satu klub Inggris, Manchester United, baru saja mendatangkan Bastian Schweinsteiger dari Bayern Muenchen. Meski tergolong senior, MU rela menggelontorkan dana hingga 12 juta pound untuknya.

Tapi pemain asal Jerman itu bukan satu-satunya bintang senior yang pernah dibeli MU. Di masa lalu, The Red Devils sempat mendatangkan pemain-pemain bintang yang sudah tua, siapa saja mereka?

2 dari 6 halaman

Van der Sar

Manchester United mendatangkan Edwin van der Sar pada 2005 dari Fulham. Padahal saat itu Van der Sar sudah berusia 34 tahun, usia yang terbilang tua bagi seorang pesepakbola.

Akan tetapi, pemain asal Belanda itu langsung menjadi pilihan utama di mistar gawang MU. Ia sukses mengantarkan The Red Devils merengkuh empat gelar Liga Premier, dua Piala Liga, dan satu gelar Liga Champions.

3 dari 6 halaman

Larsson

Henrik Larsson tampil perkasa untuk Celtic dan Barcelona. Berkat itu Manchester United kepincut dengan performa Larsson.

Meski jarang mendapat kesempatan tampil bersama MU, pemain itu turut menyumbangkan satu gelar Liga Premier. Saat itu usia pria asal Swedia itu sudah menginjak 35 tahun.

4 dari 6 halaman

Blanc

Laurent Blanc sudah menginjak 35 tahun saat bergabung dengan Manchester United 2001 lalu. Ia disebut-sebut sebagai pengganti Jaap Stam yang hengkang.

Meski tidak terlalu mencolok, Blanc turut menyumbangkan satu gelar Liga Premier bagi MU. Pada 2003 ia memutuskan untuk pensiun dari kariernya sebagai pemain.

5 dari 6 halaman

Sheringham

Manchester United mendatangkan Teddy Sheringham pada 1997 diusianya yang sudah 31 tahun. Akan tetapi Sheringham berhasil menjadi kuartet mematikan bersama Andy Cole, Dwight Yorke, dan Ole Gunnar Solksjaer di lini serang MU.

Satu momen yang paling diingat para pecinta The Red Devils adalah gol Sheringham di final Liga Champions 1998-1999. Berkat golnya, MU sukses menyamakan kedudukan 1-1 kontra Bayern Muenchen dan menutup laga 2-1 berkat gol Solksjaer.

6 dari 6 halaman

Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger bergabung dengan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2015. Ia bergabung dengan MU saat usianya menginjak 30 tahun.

The Red Devils menggelontorkan dana hingga 12 juta pound atau Rp 252 miliar untuk pria asal Jerman itu. Bergabungnya Schweinsteiger ke MU juga jadi ajang reuni baginya dan sang manajer, Louis van Gaal. Keduanya pernah bekerja sama di Bayern Muenchen.