Sukses

Momen Bangkitnya Wonderkid Indonesia di Garuda Marathon Baseball

Untuk membentuk pemain baseball yang handal perlu adanya pembinaan sejak muda atau usia dini

Liputan6.com, Jakarta Sebuah ajang pencarian pemain-pemain muda baseball berbakat, digelar di Jakarta mulai 6 hingga 7 Juni 2015 di lapangan Senayan, Jakarta. Turnamen yang bersifat invitasi ini, dikhususkan untuk kategori U-18.

Turnamen bertajuk "Garuda Marathon Baseball Game 2015" ini, diikuti 4 tim. 3 klub di antaranya berasal dari Jakarta, yakni Gladiator, Garuda Merah dan Eagle. Dan, satu tim lainnya, Rusa Hitam, dari Bandung.

Menurut ketua panitia, Febry Darmansyah, seperti penyelenggaraan lainnya, turnamen yang digelar secara marathon ini, dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit unggul pemain muda baseball, khususnya di Jakarta, dan umumnya di Indonesia. "Ini adalah ajang seleksi tidak formal," kata Febry kepada Liputan6.com, Sabtu (6/6/2015).

Febry menilai untuk "mencetak" pemain baseball yang handal, perlu adanya pembinaan sejak muda atau usia dini. Dan, momen ini merupakan sarana yang tepat untuk mencari atlet-atlet terbaik. "Penilaian dan evaluasinya akan kita serahkan kepada Pengprov Perbasasi," kata Febry.
 

Garuda marathon baseball

 

Sementara itu, manajer tim Eagle, Rudi Mustofa, menyambut baik penyelenggaraan turnamen dalam rangka ulang tahun ke-22 Garuda Baseball Softball Club (GBSC) ini. Rudi berharap turnamen yang baru diadakan pertama kali ini, ke depan bisa dilegalisasi oleh Pengprov. "Turnamen di level junior sebenarnya masih jarang dilakukan," katanya.

Pada kesempatan lain, Ketua Umum GBSC, Ir.M. Heru Wicaksono, mengakui bahwa saat ini event-event baseball, terutama untuk usia 18 tahun, memang masih sangat kurang. Dan, turnamen ini dinilai ajang tepat untuk melihat atau mengintip bakat-bakat yang akan muncul.

"Sudah ada 'lampu merah', kini sudah jarang usia dini yang mensupport atlet-atlet nasional. Jadi, jangan sampai perkembangan pemain usia dini jadi terhambat," kata Heru. "Usia 18 adalah usia emas yang harus disalurkan melalui event tertentu," pungkasnya.(Ian/Thom)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini