Sukses

5 Alumni Barca Kuasai Eropa Musim Ini, Siapa Saja Mereka?

Kualitas pelatih alumni Barca semakin nyata musim 2014/15.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona ternyata menguasai Eropa musim ini. Bukan hanya di Spanyol, namun Blaugrana mendominasi di lima kompetisi elite benua Biru.

Ya, tak hanya menelurkan pemain berbakat melalui akademi La Masia. Klub asal Katalan juga produktif menelurkan pelatih kelas wahid.

Dan kualitas pelatih alumni Barca semakin nyata musim 2014/15. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Phillip Cocu

Cocu merupakan penggawa Barcelona tahun 1998 hingga 2004. Ia sempat menjadi kapten dan sukses mengantarkan Blaugrana meraih gelar Liga musim 1998/99. Saat ini Cocu menjadi pelatih bagi PSV. Dan ia sukses membawa klub Eredivisie itu juara musim 2014/15. Gelar yang diraih PSV sekaligus mengakhiri dominasi Ajax Amsterdam selama empat musim terakhir.

3 dari 6 halaman

2. Pep Guardiola

Guardiola merupakan legenda bagi Barcelona. Ia meraih sukses di sana baik sebagai pemain dan pelatih. Pindah ke Bayern Muenchen tahun 2013 tak membuat performa Guardiola merosot. Pelatih berusia 44 tahun ini sukses membawa Bayern meraih lima gelar, termasuk trofi Bundesliga musim 2014/15.

4 dari 6 halaman

3. Laurent Blanc

Mungkin hanya sedikit yang tahu Blanc pernah membela Barcelona. Maklum, ia hanya setahun membela Blaugrana yakni pada musim 1996/97. Menariknya ia sukses mempersembahkan tiga gelar selama di sana. Dan naluri juara di Barca tetap dibawa Blanc hingga sekarang. Pelatih asal Prancis itu meraih sukses bersama PSG. Ia menyumbangkan enam gelar termasuk Ligue 1 musim 2014/15.

5 dari 6 halaman

4. Luis Enrique

Satu lagi orang yang sukses menjadi pemain dan pelatih di Barca adalah Luis Enrique. Ia merupakan andalan Blaugrana pada tahun 1996-2004 saat menjadi pemain. Dan saat ia kembali menjadi pelatih tahun 2014, ia sekali lagi membuktikan kualitasnya. Barca dibawa meraih trofi La Liga musim ini dan berpeluang menambah dua trofi lagi yakni Copa del Rey serta Liga Champions.

6 dari 6 halaman

5. Jose Mourinho

Mourinho merupakan salah satu elemen penting di Barca sejak tahun 1996 hingga tahun 2000. Meski hanya berstatus asisten pelatih, namun kesuksesan Blaugrana tidak lepas dari kejeniusannya.Dan setelah pindah dari Barca karier Mou terus meroket. Ia selalu meraih sukses di semua klub yang ditanganinya.

Terbaru The Special One membawa Chelsea meraih trofi Liga Premier musim 2014/15. Ia juga mengantarkan The Blues merengkuh trofi Piala Liga Inggris musim ini.

Baca Juga:

"MU Tak Layak Berpesta Musim Ini"

Bukan John Terry Atau Kompany, Inilah Bek Terbaik Liga Inggris

10 Alasan Gareth Bale Bakal Gabung MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini