Sukses

'Ball Possession' Jadi Senjata Timnas U-23 di SEA Games 2015

Penguasaan bola sangatlah penting dalam sepak bola modern

Liputan6.com, Bandung - Asisten Pelatih U-23, M Zein Al Haddad menegaskan bahwa ball possession (penguasaan bola) akan menjadi senjata utama skuat Garuda Muda di SEA Games 2015 nanti.

Menurutnya, penguasaan bola sangatlah penting dalam sepak bola modern. "Jadi, bagaimana pemain supaya tidak cepat kehilangan bola dan bola bisa berjalan mengalir cepat karena itu ciri khas permainan kita," kata Al Haddad.

Al Haddad menjelaskan dengan diterapkan pola permainan seperti ini dipastikan Evan Dimas dan kawan-kawan akan mendapat pressing dari para setiap lawannya. Oleh karena itu anak asuh Aji Santoso ini diminta untuk bisa membuka ruang dan menunjugan pergerakan yang bagus.

"Tentu ball possession jangan cepat kehilangan bola karena kalau bertemu dengan lawan-lawan yang punya pressing cepat mereka harus bisa mengalihkan bola."

"Itu bisa dilakukan apabila pemain punya pergerakan yang bagus. Karena sepak bola modern sekarang sudah tidak ada lagi pemain yang berdiri bebas. Semua dalam keadaan di pressure jadi mereka harus cerdas mereka harus cerdik, harus terus bergerak seperti apa yang diinginkan oleh pelatih dan itu memang harus dipahami oleh pemain," jelasnya.

Al Haddad optimistis dengan waktu yang tersisa sekitar satu bulan, skuat Timnas U-23 akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan pada kualifikasi Pra Piala Asia 2016 yang lalu.

"Mereka sudah lama berkumpul setelah beberapa bulan lalu setelah Pra Piala Asia. Jadi tidak ada masalah. Oleh karena itu memang program latihan ditingkatkan dari ringan sampai ke berat. Dan saya rasa tidak ada masalah," pungkasnya.

Baca Juga:

Demi Depay, Van Gaal Rela Terapkan Strategi 'Aneh'

Jelang Tutup Musim, 2 Raksasa Italia Disanksi UEFA

Steven Gerrard, Musuh Favorit Mourinho

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini