Sukses

Mourinho Hengkang? Ini 5 Calon Kuat Pelatih Baru Chelsea

Berikut ini adalah lima pelatih alternatif Chelsea andai Jose Mourinho hengkang.

Liputan6.com, London - Chelsea saat ini sudah memiliki Jose Mourinho sebagai pelatih. Namun, The Special One biasanya tak pernah bertahan lama di sebuah klub. Andai Mou pergi, lima pelatih ini bisa menjadi alternatif.

Mourinho bergabung bersama Chelsea pada 3 Juni 2014 lalu. Kontraknya diputus oleh manajemen Real Madrid melalui kesepakatan bersama.

Sebelum akhirnya memutuskan lengser, Mou memang sudah lama digoyang isu bakal dipecat manajemen. Hubungan yang tak harmonis dengan beberapa pemain senior dan Presiden Florentino Perez menjadi dasarnya.

Ya, Mou memang mulai dikenal publik saat bertugas sebagai pelatih, bukan sebagai pemain. Ayahnya, Felix Mourinho, adalah mantan penjaga gawang Timnas Portugal.

Perjalanan karier Mou di dunia pelatih dimulai pada tahun 90 an, di mana dia dipercaya sebagai pelatih tim muda Vitoria Setubal.

Namun, nama Mou mulai dikenal publik usai mengantar FC porto meraih treble winners pada musim 2003/3004. Sepanjang kariernya, Mou tak pernah lama dalam membesut sebuah tim.

Meski sudah menyatakan diri bakal bertahan lama di Chelsea, The Special One beberapa kali menyatakan ingin kembali ke Italia. Berikut lima nama pelatih alternatif andai Mou benar-benar hengkang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

John Terry

1. John Terry

John Terry saat ini sudah menginjak usia 34 tahun. Pemain berkebangsaan Inggris itu ramai diprediksi bakal gantung sepatu akhir musim ini.

Andai pensiun, bukan tak mungkin Tery melanjutkan kiprahnya di dunia pelatih. Apalagi, saat ini tren pelatih muda tengah marak di dunia sepak bola.

Bukan tak mungkin, Terry bakal mengikuti jejak Ryan Giggs, yakni menjadi pelatih paruh waktu di Manchester United sebelum akhirnya menjadi asisten pelatih MU saat sudah mendapatkan lisensi pelatih UEFA.

3 dari 6 halaman

Rafael Benitez

2. Rafael Benitez

Rafael Benitez pernah membesut Chelsea pada musim 2012/2013. Namun, statusnya kala itu adalah pelatih sementara untuk menggantikan Roberto Di Matteo.

Meski singkat, Benitez berhasil menghadirkan prestasi maksimal. The Blues dibawanya meraih trofi Liga Europa dan menempati posisi ketiga di klasemen akhir Liga Premier Inggris.

Benitez saat ini menjadi manajer Napoli. Namun berkaca dari kesuksesannya bersama Chelsea dalam waktu singkat, bukan tak mungkin Roman Abramovich bakal menariknya kembali.

4 dari 6 halaman

Carlo Ancelotti

3. Carlo Ancelotti

Ancelotti membesut Chelsea pada 1 Juni 2009. Don Carlo berhasil membawa The Blues meraih double winners, juara Liga Premier Inggris dan Piala FA, pada musim perdananya.

Namun, itu menjadi gelar terakhirnya bersama The Blues. Pelatih berdarah Italia itu kemudian dipecat semusim setelahnya akibat serangkaian hasil buruk.

Usai dibuang Chelsea, karier Ancelotti justru kian melonjak bersama Paris Saint-Germain (PSG). Dia kemudian dipercaya sebagai pelatih Real Madrid sampai sekarang.

Musim lalu, Don Carlo mengantar Madrid meraih La Decima, atau meraih trofi kesepuluh Liga Champions. Berbekal perstasi mentereng itu, bukan tak mungkin Abramovich bakal kembali menggunakan jasanya.

5 dari 6 halaman

Diego Simeone

4. Diego Simeone

Simeone berhasil mentransformasi Atletico Madrid menjadi salah satu klub raksasa Eropa dalam waktu singkat.

Dipercaya menduduki kursi pelatih pada 23 Desember 2011, Simeone langsung mempersembahkan gelar Liga Europa di musim perdananya. Uniknya, Simeone membawa Atletico mengalahkan Chelsea di final dengan skor 4-1.

Musim lalu menjadi puncak kesuksesan karier Simoene. Pria berdarah Argentina itu sukses mempersembahkan gelar La Liga bagi Los Rojoblancos. Prestasi 'ciamik' tersebut membuat Simeone kini menjadi salah satu komoditi yang paling dicari pada bursa transfer.

6 dari 6 halaman

Pep Guardiola

5 Pep Guardiola

Klub mana yang tak menginginkan menjadikan Pep Guardiola sebagai pelatih. Pria berkebangsaan Spanyol itu saat ini masih tercatat sebagai pelatih tersukses sepanjang sejarah Barcelona, dengan mempersembahkan 14 trofi dalam waktu empat tahun saja.

Musim lalu, Guardiola membawa Bayern Muenchen menjadi juara tercepat sepanjang sejarah Bundesliga. Prestasi cemerlang Pep musim lalu menular hingga ke musim ini. Bayern kini bertengger kokoh di papan klasemen sementara kompetisi sepak bola kasta tertinggi di tanah Jerman itu.

Baca Juga:

Dapat Dana Besar, MU Berencana Bajak Dua Bintang Real Madrid

"Harga Angel Di Maria Tidak Mahal"

Kroos Gabung Madrid Demi Seseorang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.