Sukses

5 Fakta Menarik Kabayev dan Vunk, 2 Pemain Anyar Persija

Berikut lima fakta unik dua rekrutan anyar "Macan Kemayoran" Yevgeny Kabayev dan Martin Vunk.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar untuk menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2015. Kali ini, tim "Macan Kemayoran" sukses merekrut Yevgeni Kabayev dan pemain serbabisa Martin Vunk.

 Nama Kabayev dan Vunk jelas asing di telinga pencinta sepak bola Tanah Air. Maklum, ini merupakan pertama kalinya bagi dua pemain yang musim lalu berkiprah di kompetisi Liga Primer Estonia (Meistriliiga) mencari peruntungan di Indonesia.

Meski belum teruji, kedua pemain ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Rekam jejak karier Kabayev dan Vunk bisa menjadi ukuran akan hal tersebut.

Kabayev berlabel topskorer Meistriliiga dengan gelontoran 36 gol dari 35 pertandingan, musim lalu. Sedangkan Vunk kerap bolak-balik memperkuat timnas Estonia dalam berbagai kesempatan.

Apa saja sisi menarik dari kedua rekrutan anyar Persija dengan banderol fantastis ini ? Berikut Liputan6.com coba merangkumnya :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cetak Gol Paling Banyak di Eropa Musim Lalu

Tidak ada pemain yang lebih produktif di kompetisi benua Biru selain Kabayev, musim lalu. Bahkan, jumlah gol bersama klubnya Sillamae Kalev di pentas domestik mengalahkan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Luis Suarez (Barcelona) yang musim lalu memperkuat Liverpool.

Kabayev mencetak 36 gol atau unggul lima gol dari Ronaldo dan Suarez yang menggelontorkan 31 gol dalam semusim di La Liga dan Liga Primer.

3 dari 6 halaman

Cetak 125 Gol

Sepanjang karier profesionalnya Kabayev telah mencetak 125 gol dari 191 pertandingan atau  rasio mencetak gol mencapai 0,8 di setiap pertandingan.

 Menariknya, masa-masa terbaik dalam karier Kabayev selalu terjadi bersama Sillamae. Pada periode pertamanya (2008-2010), ia mencetak 38 gol dari 52 laga. Dua musim berselang, pemain berusia 26 tahun menceploskan 54 gol (2012-2014).

4 dari 6 halaman

Gemar Pindah Klub

Cap pemain yang sering pindah-pindah klub melekat kepada Vunk. Sejak memulai karier profesional tahun 1999 silam, gelandang berusia 30 tahun tercatat sudah 10 kali berganti klub. Dan, Persija jadi klub ke-11 dalam karier sepak bola Vunk.

Dari 10 klub itu, klub Estonia FC Flora merupakan klub paling lama yang diperkuat pemain yang juga bisa menempati posisi sebagai bek tengah ini. Bersama klub yang berada di Talliin itu, Vunk bermain selama lima musim dan tampil dalam 112 pertandingan.

5 dari 6 halaman

Langganan Timnas

Koleksi 63 cap bersama timnas Estonia bisa menjadi cara paling mudah menebak kualitas permainan yang dimiliki oleh Vunk.

Selain itu, tentu dari peringkat FIFA antara Estonia dan Indonesia. Peringkat kedua negara ini memang sangat jomplang karena Estonia ada di peringkat ke-83 sedangkan Indonesia ada di peringkat 157.

6 dari 6 halaman

Dibeli dengan Harga Mahal

 

Persija Jakarta bisa dipastikan merogoh kocek sangat dalam untuk mendatangkan Kabayev dan Vunk. Ini lantaran keduanya adalah pemain yang masih masuk kategori produktif, bukan sebaliknya.

Jika mengacu ke Transfermarkt, harga penawaran kontrak Vunk mencapai 275 ribu euro atau Rp 4,1 miliar. Sedangkan nilai kontrak Kabayev berada di angka 300 ribu euro atau Rp 4,6 miliar. Jika ditotal, harga transfer keduanya mencapai Rp 8,7 miliar.

Baca juga

Bek Anyar Persija Pernah Berhadapan dengan Bintang Eropa

2 Pemain Termahal Persija Sepanjang Masa

Maret 2015, Bek Anyar Persija Tinggalkan Macan Kemayoran

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini