Sukses

Tim Howard Curhat Pernah Disemprot Ferguson

Mantan kiper Manchester United Tim Howard baru saja merilis sebuah buku biografinya berjudul The Keeper.

Liputan6.com, Manchester - Mantan kiper Manchester United Tim Howard baru saja merilis sebuah buku biografinya berjudul The Keeper. Dalam salah satu bab, penjaga gawang asal Amerika Serikat tersebut mengungkapkan kalau dirinya pernah dimaki manajer Sir Alex Ferguson yang kesal pada performanya.

Howard mengawali debutnya bersama United pada musim panas 2003 di Community Shield melawan Arsenal di Millennium Stadium, Cardiff. Kala itu Setan Merah membuka keunggulan pada menit ke 15 lewat gol Mikael Silvestre.

Tapi, selang lima menit kemudian Howard kebobolan oleh gol striker Arsenal Thierry Henry hasil eksekusi tendangan bebas. Sang penjaga gawang memberikan perumpaman kalau dengan kekuatan tendangan dan persisi Henry, tembok pertahanan pun menjadi tidak berguna.

"Pada babak pertama, Ferguson hampir memenggal kepalaku," kenang Howard. Saat ini pemain berusia 35 tahun tersebut menjadi kiper nomor satu untuk Everton. Terdapat sepenggal paragraf dalam bukunya yang menggambarkan situasi saat itu.

"'Tiga orang dinding!' teriak Ferguson sampai urat di sekitar rahangnya kelihatan. Aku bisa lihat mereka (bek United) mengendur. 'Melawan Henry, kalian butuh empat pemain sebagai dinding. Kamu harus berpikir, ketika kamu memainkan laga ini', katanya sambil menunjukkan dua jarinya ke dahi."

"'Jika kamu tidak bisa mengatasi tahap s**l*n ini, Aku bakal mengirimkanmu ke MLS' kata-kata terakhirnya padaku itu diredam dengan kalimat 'Kamu tak di Amerika lagi, Nak'"

Laga Arsenal vs Manchester United harus berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Namun, Howard menjadi pahlawan di Cardiff ketika menggagalkan tendangan Giovanni van Bronckhorst dan Robert Pires dari titik putih dalam laga adu penalti. Hasil 4-3 untuk United mengantarkan mereka meraih trofi pertama mereka pada pra-musim 2003/2004.

Sejak saat itu, Howard menghabiskan tiga musim di Old Trafford hingga pada 2006 dirinya hijrah ke Everton. Total sudah 256 kali Howard tampil bersama United dan The Toffees di Liga Premier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini